SUARA USU
Kabar SUMUT

ISPI Sumut Gelar Seminar Nasional dan Pelantikan Pengurus Cabang 6 Kabupaten/Kota

Oleh :Amsal Pandiangan

Suara USU, Medan. Sabtu (25/11) Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) menggelar acara Seminar Nasional sekaligus pelantikan pengurus cabang untuk enam kabupaten/kota periode 2023-2028. Seminar Nasional ini mengangkat tema “Peran ISPI dalam Peningkatan Produksi Ruminansia untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia.” Acara ini diselenggarakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut, Jalan Perintis Kecamatan Medan Timur.

Ir.R. Edhy Mirwandhono, M.si, MP, IPM, ASEAN ENG. Sebagai ketua umum ISPI wilayah Sumatera Utara periode 2021-2026 pada kata sambutannya menyampaikan harapannya bahwa pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugas-tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Beliau berharap dengan penuh keyakinan bahwa apa yang dilakukan oleh pengurus merupakan bentuk ibadah dan tanggung jawab sebagai sarjana peternakan.

Selain itu, Edhy juga menegaskan tujuan dari pelantikan cabang kabupaten/kota. Beliau berharap agar  pengurus baru ikut bergandengan bersama-sama utuk ikut berkontribusi, ikut bermitra, dan ikut menyumbangkan pemikiran dalam pembangunan khususnya pada sektor peternakan di wilayah sumatera utara. Dengan demikian, diharapkan sektor peternakan di wilayah Sumatera Utara dapat mengalami perkembangan yang berkelanjutan.

Ketua baru ISPI Cabang Kota Medan Dr.kurniawan sinaga S,Pt, Msi menyebutkan ia akan berkomitmen, membesarkan ISPI dengan pengabdian dan jiwa korsa harapan ke depannya meningkatkan/upgrade serta membangkitkan sektor peternakan di sumatera utara dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan insan-insan peternakan di kabupaten/kota.

Selain pelantikan, rangkaian acara juga diisi dengan seminar. Total enam pemateri ahli hadir dalam seminar ini. Di antaranya adalah Direktur perbibitan dan produksi ternak Agung Suganda, M.Si. yang diwakili oleh Yude Maulana Yusuf S.Pt membahas dinamika yang tengah dialami oleh sektor peternakan saat ini serta mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul, Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si, Kepala BAPPERLITBANG, menjelaskan strategi dan arah kebijakan yang diambil dalam pengembangan peternakan di Indonesia, memberikan wawasan makro untuk memandu perkembangan industri peternakan ke arah yang berkelanjutan. Dr. Ir. Ma’ruf Tafsin, M.Si., IPM, membahas penyatuan dinas perkebunan dan peternakan dapat menjadi modal membangun sinergitas agroekosistem berkelanjutan.

Lebih lanjut, Drh. Yusnani, Kadis PKH ASAHAN juga turut hadir membahas sistem integrasi peternakan dan perkebunan sebagai solusi. Ucok Erwinsyah dari PT. Bank Sumut, memberikan pengetahuan tentang pembiayaan teknik di sektor peternakan, mengidentifikasi solusi keuangan untuk mendukung pertumbuhan industri peternakan, serta Muslim Sembiring, S.Pt., M.Pt., dari CV KANAYA Farm, membahas prospek perngembangan usaha kambing perah di Sumatera Utara.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

KMB USU Adakan Aksi Donor Darah untuk Membantu Sesama

redaksi

Lembaga Penjamin Simpanan Adakan Run The City Medan 2024

redaksi

Gandeng Sineas Lokal dan Internasional, Medan International Film Festival Sukses Digelar

redaksi