Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

ITOPH Ciptakan wawasan Bagi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Penulis : Dian Febriyanti/ Orsella Nuraina

SUARA USU, Medan. Telah Berlangsung kegiatan Intermediate Training Of Public Health (ITOPH) daerah Sumatera Utara 2019 yang diselenggarakan di Aula Rumah Sakit USU lantai 4 pada hari Sabtu (30/11).

Kegiatan ini merupakan pengembangan dari program PSDM yang pada awalnya mengadakan kegiatan BITOPH dilaksanakan per institusi tahapan kedua adalah ITOPH yang dilaksanakan di daerah kemudian yang terakhir adalah ATOPH dilaksanakan di Nasional.

Ageng selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk Membantu Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang Berwawasan, Berkualitas, dan Bertanggung Jawab serta Mewujudkan ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia) Yang Lebih Baik.

Acara ini dihadiri dengan beberapa pemateri yang ahli dibidangnya diantaranya; Zulhaida Lubis, Septo Simamora, Raja Aldon, Ulfa Fahmi dan Wira Aditya.

Pada kegiatan ini terdapat 50 peserta yang termasuk dari perwakilan delegasi Institusi yang bergabung dalam ISMKMI di Sumatera Utara. Sedikitnya terdiri dari 6 Institusi yang tergabung dalam ISMKMI Sumut, diantaranya; Universitas Sumatera Utara, Institusi Kesehatan Sumatera Utara, Institusi Kesehatan Helvetia, Universitas Prima Indonesia, Universitas Sari Mutiara Indonesia dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

“Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat atau ISMKMI yaitu suatu wadah bagi perkumpulan mahasiswa Kesehatan Masyarakat untuk mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki yang tersebar di daerah setempat, wilayah, serta nasional,”jelas Ageng selaku ketua panitia

Dalam penjelasan seorang Dokter, Zulhaida menyatakan bahwa asupan makanan bagi ibu hamil sangat mempengaruhi gizi anak selama berada di dalam kandungan untuk pertumbuhannya.

Salah satu peserta delegasi dari Institut Kesehatan Sumatera Utara bernama Libertin mengungkapkan bahwa, Ia sangat tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. Disini mahasiswa mendapat pengetahuan baru berdasarkan pengalaman langsung dari pemateri.

“Tertarik dengan kegiatan ini dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang ITOPH. Selain itu Kegiatannya tidak membosankan karena acaranya juga diselingi dengan hiburan. sukses untuk panitianya,” ujar salah seorang perwakilan delegasi dari Institut Kesehatan Helvetia.

“Harapan dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan derajat kesehatan mahasiswa Kesehatan Masyarakat khususnya, dan lebih peka lagi terhadap kesehatan yang ada di indonesia. Mari kita sama-sama bangun Indonesia ini untuk lebih baik, karena kesehatan itu merupakan faktor penting untuk membangun Sumber Daya Manusia yang ada.” tutur Ageng sebagai ketua panitia ITOPH 2019.

Redaktur Tulisan : Riska Apsari

Related posts

Yuk! Lebih Kenal Dengan Jurusan Sastra Arab di USU

redaksi

FISIP USU Gelar Halal Bi Halal, Kaitkan Tema Prestasi

suarausu

HIMALA USU Bagikan Takjil Buka Puasa Gratis ke Masyarakat Langkat

redaksi