SUARA USU
Kabar Kampus

Kedai Sumatra X Dimensi Literasi : Antara Kopi, Diskusi Dan Literasi

Penulis : Kurniadi Syahputra

SUARA USU, Medan. Nongkrong di cafe sambil minum kopi dan menikmati cemilan sepertinya sudah jadi gaya hidup para kaum milenial baik yang di perkotaan hingga di penjuru desa

Tak khayal rutinitas minum kopi sekarang sudah menjadi candu dan bagaikan jamur dimusim hujan. Sekarang banyak kafe atau tempat nongkrong khususnya di kota Medan yang menawarkan berbagai fasilitas dan kenyamanan tempat.

Tapi berbeda dengan Kafe yang satu ini.Kedai Sumatra namanya, bertempat di Jl. Pasar 1 Setia Budi no 48 Kelurahan Tanjung sari Kota Medan. Kafe ini tak sekedar hanya menyediakan tempat minum kopi dan mengudap cemilan, tetapi juga menyediakan buku-buku keren sebagai asupan pengetahuan.

Di sepanjang dinding cafe tersedia berbagai macam pilihan buku yang cukup banyak, menarik serta membuat penasaran.

“Medan ini tingkat literasinya masih rendah jadi, dengan mengangkat tema kafe literasi diharapkan anak-anak muda yang datang kemari tidak hanya minum kopi sambil main game saja, bisa berbagai banyak hal bermanfaat yang dilakukan seperti membaca buku sambil diskusi” Ungkap Agung selaku pemilik Kedai Sumatra.

Dalam menambah dan memperbanyak koleksi buku yang ada di kafe ini, Kedai Sumatera berkolaborasi bersama Dimensi Literasi yg merupakan Komunitas pecinta buku yg didirikan oleh anak-anak muda sekitar kota medan.

Dimensi literasi yang bermarkas di Kedai Sumatra ini, juga sering menggelar diskusi yang membahas perihal permasalahan negeri dan juga sering mengadakan bedah film dan pelatihan-pelatihan kecil.

“Selain sebagai wadah anak muda pecinta literasi, Dimensi Literasi ini juga bertujuan sebagai pencetus pergerakan gemar membaca dan gemar berdiskusi di kalangan pemuda dan mahasiswa. Kami juga menjual buku baru yang harganya lebih murah daripada harga pasaran, dan kami juga sering aktif mengadakan aksi sosial ke pelosok daerah untuk kampanye gemar membaca di kalangan anak-anak dan pemuda” jelas Nazri Ahsani selaku salah satu pendiri Dimensi Literasi

Selain menonjolkan atmosfer literasi sebagai kelebihannya, kafe ini juga menyediakan banyak jenis kopi yg tentunya sangat nikmat di santap.

Septi Nurhayati salah satu pengunjung yang datang memberikan apresiasi pada Kedai Sumatra ”Meskipun bukan konsep yang baru, keberadaan Kedai Sumatra ini memberikan arti penting bagi pemuda dan masyarakat luas. Kita tahu bahwa banyak penggemar kopi dan kuliner di sini. Kafe ini mencoba mengampanyekan budaya literasi membaca dan menulis dengan cara yang berbeda serta menarik,” ujar mahasiswa USU ini.

Redaktur Tulisan : Putri Narsila

Related posts

Hari Terakhir Pendaftaran Liaison Officer Pimnas Ke-34

redaksi

Adakan Webinar, MASADEPANT USU Bahas Teknik Menjadi Influencer Budaya

redaksi

Rangkaian Dies Natalis, USU Adakan Kegiatan Donor Darah

redaksi