Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

UKM DBI USU Beri Pelatihan Speak Up Communication

Penulis : Kurniadi Syahputra

SUARA USU, Medan. UKM Debat Bahasa Indonesia (SUCA) USU mengadakan pelatihan kemampuan berkomunikasi sekaligus Sertifikasi keahlian yang dirangkum dalam acara SUCA III (Speak Up Communication Academy III) tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula LPPM USU Pada minggu (11/9).

Speak Up Communication Academy adalah sebuah pelatihan berkomunikasi dan publik speaking bagi mahasiswa bahkan pekerja untuk bisa tampil lebih percaya diri di depan umum.Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari UKM Debat Bahasa Indonesia USU yaitu penerimaan anggota baru.

Pada pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi sekaligus sertifikasi keahlian yang dirangkum dalam acara SUCA III (Speak Up Communication Academy III).

Selain dihadiri oleh mahasiswa, SUCA juga dibuka untuk umum. Mahasiswa-Mahasiswi yang hadir berasal dari berbagai fakultas yang ada di USU. Mereka tampak antusias mengikuti setiap rangkaian acara dengan kehadiran beberapa pembicara yang dikenal dengan kemampuan berkomunikasi dan publik speaking-nya yaitu Haris Wijaya (Dosen Ilmu Komunikasi USU), Ripa (Pembicara Nasional), dan Aisyah (MC ternama USU).

Dian Setiawati selaku Ketua Panitia SUCA III memaparkan bahwa pentingnya keahlian komunikasi bagi mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja.
“Acara SUCA lll merupakan rangkaian kegiatan dari program penerimaan anggota baru, selain itu acara ini juga tentunya membantu untuk memotivasi dan meningkatkan keahlian berbicara didepan umum yang sangat penting dimiliki mahasiswa, dan untuk mendapatkannya butuh proses yang tidak sekedar teori juga butuh praktek,” ujar Dian.

Sedangkan Aisyah yang menjadi pemateri di acara ini menuturkan tentang betapa pentingnya belajar berbicara didepan khalayak ramai. Kualitas seorang pekerja yang baik dapat dilihat dari IQ dan EQ-nya.
“Banyak mahasiswa yang IPK nya tinggi, tapi saat melamar pekerjaan gagal di sesi wawancara karena kemampuan berbicaranya kurang. Oleh karena itu, mari sama-sama kita mulai belajar berbicara yang baik dan benar melalui konsep melihat, mendengarkan dan mempraktekkan. Yang terpenting adalah belajar dan berani terlebih dahulu,” tegasnya.

Salah satu peserta acara yang juga merupakan calon anggota UKM Debat Bahasa Indonesia Sri Ruwandani berharap UKM ini menjadi rumah untuknya belajar.
“Saya sangat ingin bisa masuk ke UKM ini agar nantinya dapat belajar banyak disini, khususnya mengenai debat bahasa Indonesia yang mampu meningkatkan keahlian berbicara saya,” ungkapnya.

Acara ini diakhiri dengan pemberian penghargaan dari panitia SUCA lll kepada peserta dan calon Anggota UKM DBI.

Redaktur Tulisan : Riska Apsari

Related posts

Buah Perjuangan dan Doa, Nurul Dapat Berkah Saat Sidang Sarjana

redaksi

Tingkatkan Pemahaman Bisnis Digital, HMI Gelar Seminar Nasional dan Talk show Inspiratif

suarausu

Ini Total Dana dan Harapan dari Gerakan Mahasiswa USU Peduli!

redaksi