SUARA USU
Musik

Kenalan dengan Why Bunny Why, Soloist Asli Medan!

Oleh: Cory Patricia

Suara USU, MEDAN. Anak Medan pasti tak asing lagi dengan soloist ternama Why Bunny Why. Why Bunny Why sendiri merupakan nama panggung dari seorang Andrey Lubis. Penulis lagu sekaligus penyanyi indie pop-rock yang selalu membawakan lagunya dengan cara yang seru dan gaya yang santai tapi tetap fun. Karya-karyanya pun menyajikan cerita yang begitu personal tentang masa lalu yang rumit, sangat relate dan menyentuh dengan cerita para kaum muda.

Bersama kru Suara USU, Andrey menceritakan bagaimana perjalanan bermusiknya, kisah dibalik lagu-lagunya, dan cikal bakal nama why bunny why yang digunakan untuk menjadi nama panggungnya.

Andrey mengakui jika sebenarnya nama Why Bunny Why ini bukan nama yang benar-benar direncanakan. Awalnya Andre hanya ingin menggunakan nama Why Bunny Why untuk project pertamanya saja. Namun, project pertamanya berhasil meraih atensi positif dari berbagai kalangan. Nama Why Bunny Why pun akhirnya resmi dipakai untuk project-project Andrey selanjutnya hingga saat ini

“Awalnya Why Bunny Why ini sebenarnya hanya project sekali doang, jadi kayak aku cuman mau curhat dari satu lagu, aku bingung nih aku ngeluarin lagu namanya siapa. Kalo pake namaku sendiri kayaknya berat tanggungannya kan, nanti aku dicapkan penyanyi takutnya. Jadi aku pake nama Why Bunny Why karna memang konsepnya nih untuk si “bunny”-nya nih awalnya, untuk sekali project doang. Rupanya pas udah sekali project, ga expect nih bakal ramai rupanya. Nah disuruh teman-teman lanjutin, jadi mau ga mau aku bawa nama Why Bunny Why sampe sekarang,” ucap Andrey.

Walaupun project pertamanya berhasil diterima dengan baik dikalangan anak muda, namun sebenarnya dalam menulis lagu, Andrey lewat Why Bunny Why hanya ingin menceritakan kejadian yang benar-benar ia alami atau cerita yang ada di sekitarnya.

Tidak ada pesan atau pesan tersembunyi dalam setiap lagu yang ia tulis. Andre sendiri mengakui bahwa ia tidak mahir dalam membuat pesan tersembunyi atau bermetafora saat membuat lagu.

Jadi memang semua lagu yang kutulis jujur (apa adanya) kan semua kukemas di satu album namanya Unusual Drama, drama tak biasa. Jadi ada 7 lagu, 5 lagu diantaranya nih kisah aku asli, 2 diantaranya kisah asli juga tapi bukan aku yang ngalamin, tapi kebetulan memang ada di dekat aku, kebetulan kuangkat jadi lagu gitu aja, jadi emang benar-benar yang kejadian nyata. Karena penulisan liriknya jujur kan ga banyak metafora, aku ga terlalu pande yang gitu-gitu, ya ini lagi belajar nih untuk album baru jadi ya sekarang kubuat apa yang kurasain aja,” papar lulusan SMA Kartika ini.

Andre juga berbagi cerita tentang berbagai tantangan dalam karir bermusiknya, mulai dari sulitnya mengimbangi pendidikan dengan passion yang dijalani hingga orang tua yang tidak sepenuhnya mendukung Andre dalam bermusik. Dalam mengenalkan dan membesarkan Why Bunny Why, Andrey juga sempat mengorbankan studinya. Why Bunny Why juga berdasarkan pengakuan Andrey sempat vakum karena ia menyelesaikan studinya.

“Aku sebenarnya pengennya seimbang (bermusik & pendidikan) tapi ya gitulah, gabisa terlalu 50-50 pasti ada yang dikorbankan karna nanti jadi setengah-setengah ini tapi aku juga gamau mengorbankan kadang, makanya kayak pendidikan ya kuselesaikan juga meskipun agak telat karna Why Bunny Why juga. Why Bunny Why pun kan sempat vakum gara-gara aku nyelesaikan kuliahku,” ungkapnya.

Kaum muda selalu antusias mendengar musiknya yang mengguncang panggung dengan cara yang berkualitas. Andrey pun memberikan harapan buat anak-anak muda yang ingin bermusik untuk tidak perlu takut memulai. Bagi Andrey bermusik adalah tentang keikhlasan dan kesenangan, terlepas apapun hasilnya.

 

“Kalo memang udah dasarnya suka bermusik, ya bermusik aja dulu. Jangan mikirin yang lain-lain. Ya kayak aku diawal kan tadi, awalnya satu project aja doang. Satu lagu selesai, gabakal expect diterima baik sama teman-teman. Tapi teman-teman juga support ‘lanjut la lanjut’, ya aku lanjut gitu, karna kan memang ya ngikutin jalannya aja. Ya ketika engga berhasil jangan sedih, toh bermusik kan buat senang juga kan gitu. Semangat aja sih intinya semangat aja, buat anak-anak Medan yang mau bermusik, bermusik aja dulu. kalo ada yang nonton Alhamdulillah, kalo gaada ya nonton yaudah nyanyi. Emang udah ditugaskan kayak gitu kita,” pungkasnya sambil tertawa.

Saat ini Why Bunny Why telah mengeluarkan 7 lagu yang terangkum dalam mini album, Unusual Drama. Dari Why hingga Fun Fact, Semua lagunya bisa diakses di berbagai platform musik pilihan kamu. Jadi tunggu apalagi? Segera dengarkan dan bergembira bersama Andrey dan Why Bunny Why!

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Hujan-Jourdy Pranata: Penantian Seseorang Lewat Sepenggal Lagu

redaksi

Cahaya – Feby Putri, Hidup Dalam Mimpi dan Harapan

redaksi

Menilik Makna Lagu Anneth & Betrand Putra Onsu “Tentang Sahabat”

redaksi