SUARA USU
Life Style

Kopi atau Teh, Manakah yang Lebih Sehat?

Penulis: Yohanna Pebrianti

SUARA USU, Medan. Mentari pagi siap menyapa, menyambut cita merajut asa. Waktu yang tepat untuk menikmati secangkir teh ataupun segelas kopi ditemani senduhnya suasana. Namun, tahukah kamu yang mana yang lebih baik dikonsumsi dari kedua minuman tersebut?

Kopi dan teh adalah minuman sejuta umat yang biasanya dikonsumsi di pagi hari, keduanya memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Kopi memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan metabolisme tubuh, kandungan antioksidan yang terdapat dalam kopi juga dapat mencegah diabetes tipe 2, Parkinson dan kanker tertentu. Sedangkan teh memiliki manfaat untuk menjaga gula darah, membuat tubuh lebih rileks dan dapat menghilangkan gangguan kecemasan.

Namun kopi dan teh ternyata juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Dikutip dari Hellosehat.com kandungan tannin dalam teh dapat menganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Sebuah studi telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh dapat menyebabkan terjadinya pengurangan penyerapan zat besi sebesar 62%. Selain itu, sebuah studi mengklaim bahwa mengkonsumsi teh lebih dari tujuh cangkir sehari dapat melipatgandakan risiko kanker prostat dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi teh kurang dari 3 cangkir. Sedangkan kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan stimulant. Jika seseorang sensitif atau tidak terbiasa mengkonsumsi kopi, maka akan timbul rasa gelisah ataupun kecemasan, untuk yang memiliki riwayat darah tinggi, kafein kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Tahukah kamu? ternyata tidak hanya kopi yang mengandung kafein, teh juga mengandung kafein meskipun jumlahnya tidak setinggi kopi. Dilansir dari Suara.com kandungan kafein dalam teh hijau adalah sebesar 18-20 mg per 240 ml, kandungan kafein dalam teh hitam adalah sebesar 40-45 mg per 240 ml. Sedangkan kopi memiliki kandungan kafein yaitu 65–100 mg pada kopi tubruk serta 65–70 mg per 240 ml pada kopi instan.

Lalu, manakah yang lebih sehat? seperti yang telah diulas di atas, keduanya memiliki manfaat bagi kesehatan, semua tergantung pada penikmatnya. Selama penikmat kopi ataupun teh tidak sensitif terhadap kandungan kafein yang terdapat dalam dua jenis minuman tersebut, maka aman untuk dikonsumsi.

Redaktur: Putri Narsila

Related posts

Memulai Gaya Hidup Minimalis dengan Decluttering

redaksi

Masker Menjadi Gaya Hidup Baru Masyarakat

redaksi

Abis Lebaran Makin Lebar-an? Oh, Tidak!

redaksi