Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

KPU FH USU Akan Jamin Transparasi Data Pemira 2021

Oleh: Yessica Irene

Komisi Pemilihan Umum Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara akan melangsungkan Pemilihan Raya (Pemira) Mahasiswa Fakultas Hukum USU dalam waktu dekat. Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan mengenai tata cara pelaksanaan Pemira Mahasiswa FH USU, KPU FH USU melaksanakan Sosialisasi PEMIRA FH USU pada (24/03/2021) melalui platform zoom meeting.

Tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Pemira FH USU ini untuk memberikan pengetahuan bagi adik-adik mahasiswa baru 2020. Selain itu, untuk menyegarkan kembali kepada pemikiran mahasiswa lama mengenai lembaga tinggi yang ada di FH USU dan seluruh tahapan Pemira FH USU.

Dalam kegiatan sosialisasi, dijelaskan mengenai Tata Laksana Organisasi (TLO) Kemahasiswaan USU, jenis Ormawa FH, fungsi, dan informasi lengkap mengenai Ormawa FH USU, Peraturan KPU FH USU, Pemira, Mekanisme dan tahapan Pemira, dan yang terakhir adalah menampilkan video perbaikan database.

Azhari Alaska Ginting selaku Gubernur FH USU 2020/2021 menyampaikan harapan dan pesannya terhadap Pemira tahun ini, Azhari menyampaikan bahwa pentingnya mahasiswa untuk berpolitik di kampus, karena dengan berpolitik di kampus akan membawa kebermanfaatan bagi semua orang. Dengan kita berpartisipasi aktif pada politik kampus, aspirasi-aspirasi mahasiswa yang tertahan, nantinya akan di audiensikan ke pihak dekanat dan tidak ada lagi kebijakan Fakultas yang merugikan mahasiswa.

Seperti yang terjadi pada masa pemerintahan sebelumnya, PEMA FH USU melakukan audensi kepada pihak dekanat terkait kebijakan KKN 2017 dan berbuah kebijakan baru yang mementingkan kepentingan bersama.

“Untuk memperjuangkan hak-hak kita, karena jika tidak ada yg berminat pada politik kampus tentunya tidak ada yang memperjuangkan kepentingan bersama dan yang terjadi nantinya adalah terbagi menjadi kepentingan-kepentingan pribadi,” ujar Azhari.

Mengenai timeline Pemira sendiri dimulai dari tanggal 22 Maret 2021 dan berakhir pada tanggal 17 Mei 2021 dengan agenda penetapan calon terpilih.

Timeline Pemira dapat dilihat dalam gambar berikut

Ketua MPMF USU, Fendi Zebua yang ikut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini menyampaikan harapannya mengenai jalannya Pemira FH USU. Fendi menyampaikan pesan bahwa setiap KAM dan mahasiswa harus berperan aktif dalam Pemira tahun ini.

Tahap pertama pelaksanaan Pemira FH USU akan ada aktivasi akun oleh pihak KPU FH USU untuk seluruh mahasiswa FH USU sehari sebelum pemilihan dilaksanakan, email seluruh mahasiswa FH USU akan menerima token. Token tersebut digunakan sebagai password untuk login ke laman pemilihan. Untuk login ke laman pemilihan, mahasiswa menggunakan NIM dan token yang didapat dari email.

Untuk pelaksanaan Pemira tahun ini dilaksanakan secara daring mengingat pandemi yang belum berakhir, pihak KPU FH USU sendiri sudah mempersiapkan dengan matang terkait website yang akan digunakan pada PEMIRA nantinya. Untuk kesempatan kali ini akan ada fitur validasi data untuk menghindari kesalahan memilih mahasiswa yang nantinya ketika belum yakin dengan siapa calon gubernur dan KAM yang dipilihnya. Di website KPU FH USU akan ada validasi yang menampilkan nama serta calon gubernur dan KAM yang telah dipilih, jika sudah yakin maka bisa untuk disetujui.

Untuk mengantisipasi kesalahan status mahasiswa yang sudah memilih atau belum memilih, akan ada fitur login portal yang akan diperlihatkan apakah data kita sudah masuk dan benar bahwa kita sudah memilih. Serta akan ditampilkan juga pihak mana saja yang sudah terdaftar sebagai DPT dan berapa suara yang telah masuk. Transparasi benar benar dijamin dalam website ini.

“KPU FH USU selalu berkomitmen untuk menegakkan demokrasi yang seadil adilnya, jadi segala bentuk kritik dan pandangan pasti akan kami terima dan kami pertimbangan kembali. Semoga Pemira tahun ini berjalan dengan aman dan berkeadilan,” tutup Fadlan selaku ketua KPU FH USU 2021.

Redaktur: Yulia Putri Hadi

Related posts

USU Terapkan Kuliah Daring, Mahasiswa : Daringnya Lebih Diperbaiki Lagi

suarausu

Mahasiswa Kebingungan, Besaran Biaya SPP di Billing Statement Belum Jelas

redaksi

Rizky-Ibnu, Harapan Baru dari dan untuk Fakultas Biru

redaksi