SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan Pertanian USU Adakan Penyuluhan Pada Peternakan

Penulis : Kurniadi Syahputra

SUARAUS, Medan. Dalam salah satu program kerja akhir PKL (Praktik Kerja Lapangan) Mahasiswa dari Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian USU adakan penyuluhan dan Pelatihan Pada Peternak Domba dan Sapi di Aula Desa Tandam Hilir II ,Kab. Deli Serdang pada Kamis (27/2).

Mengangkat Tema “Pembuatan UMB dan Strategi Pemasaran Ternak Ruminansia”, Mahasiwa yang terdiri dari 5 orang ini berusaha menampilkan yang terbaik untuk memaparkan gagasannya. Acara ini turut dihadiri oleh  peternak dan pejabat setempat.

Dalam sambutannya, Aparat Desa yang diwakili oleh sekretaris desa memberikan sambutan dan apresiasinya.  “Kami warga desa Tandam Hilir sangat berterima kasih kepada adik-adik PKL ini, karena sedikit banyaknya, mereka ini telah membantu mengentaskan masalah yang ada di peternakan yang ada di desa ini, semoga silaturahmi yang terjadi juga tetap terus berlanjut” sambutnya.

“Salah satu kunci untuk kesuksesan dan keberlanjutan peternakan adalah pemasarannya, ketika pemasarannya bagus, maka peluang untuk peternakan itu sukses dan berkelanjutan juga semakin tinggi, oleh karenanya diperlukan strategi yang baik dan benar untuk pemasaran ternak baik domba maupun sapi “ujar Septi nurhayati saat memaparkan mengenai strategi pemasaran ternak.

Setelah pemaparan, Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan Urea Molasses Block (UMB) yaitu salah satu teknologi yang memanfaatkan urea dan molasses sebagai bahan utama yang berfungsi sebagai pemenuhan mineral ternak sekaligus sebagai suplemen ternak.

Acara diakhiri dengan pemberian cendramata kepada warga desa dan berlangsung dengan khidmat. Salah satu peternak yang hadir tampak gembira karena mendapatkan ilmu yang bisa ia terapkan untuk pertenakan miliknya. “saya baru tau kalau UMB tenyata buatnya mudah, semoga peternak disini bisa mempraktikannya langsung dirumah, dan terima kasih kepada anak PKL yang telah berbagi ilmunya” tuturnya.

Redaktur Tulisan : Putri Narsila

Related posts

Bermodalkan Patah Hati, Mahasiswi Teknik USU Ini Lulus Beasiswa XL Future Leaders dari 17.000 Kandidat!

redaksi

Mahasiswa FMIPA USU Harapkan Praktikum Daring Berkelanjutan

redaksi

Permatasari dan Kebebasan Belajar untuk Mahasiswa Indonesia!

redaksi