SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa USU Berhasil Menjadi Finalis Duta Maritim Indonesia 2023

Reporter: Sinta Alfila

Suara USU, Medan. Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) baru saja menggelar Lomba Duta Maritim Indonesia (DMI) dan Karantina Sekolah Duta Maritim (SDM). Sejauh ini telah terpilih sebanyak 100 orang finalis DMI tahun 2023 dari hampir 1000 pendaftar Seluruh Indonesia.

Salah satu peserta terpilih mewakili kabupaten Langkat adalah Samsul Arifin, yang saat ini berstatus sebagai Mahasiswa Sastra Melayu USU. Samsul Arifin, yang akrab disapa Arif, berhasil lolos sebagai salah satu dari 100 finalis. Dengan begitu, Arif secara resmi mengikuti pendidikan, pelantikan dan rapat kerja nasional Aspeksindo yang dipusatkan di Kantor DPR-RI, Senayan Jakarta.

Arif turut berterima kasih kepada Aspeksindo sebagai penyelenggara ajang ini. Menjadi kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Arif untuk bisa mencapai tahapan ini.

“Di momen yang membanggakan ini, tentu tak lupa saya haturkan rasa syukur kehadirat Allah SWT dan ucapan terima kasih yang tulus kepada kedua orangtua tercinta serta dukungan dan support dari Pemerintah Daerah dan Kampus USU tercinta,” ungkap Arif.

Putra Daerah asal Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat itu juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan doa dan dukungan selama ini.

“Semoga saya bisa kembali memberikan yang terbaik dan dapat mengembangkan daerah saya sendiri nantinya serta mengharumkan nama kampus tercinta,” harapnya.

Kegiatan pendidikan Duta Maritim yang berlangsung tahun ini merupakan kali ketiga digelar. Aspeksindo mengusung tema “Maritim Terus Melaju, Untuk Indonesia Maju” untuk kegiatannya tahun ini. Peserta Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) Angkatan 3 ini akan berangkat melanjutkan pendidikan di Kalimantan Timur mulai tanggal 11 hingga 17 Agustus 2023 mendatang.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah menggerakkan semangat maritim di kalangan generasi muda dan membangun kesadaran akan pentingnya peran mereka dalam menjaga kekayaan bahari Indonesia. Dengan keterlibatan mereka, diharapkan Indonesia dapat kembali membangkitkan kejayaan maritim yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas bangsa.

Para peserta juga diharapkan mampu mengembangkan inovasi berbasis kelautan dan perikanan serta mampu memberdayakan potensi dan kapasitasnya untuk menjadi penggerak wisata bahari.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Rumah Beasiswa Medan Gelar Webinar “Kupas Tuntas Meraih Impian dengan Beasiswa LPDP Dalam dan Luar Negeri”

redaksi

USU Back Home 2022 Hadir Sebagai Rangkaian Dies Natalis USU Ke-70

redaksi

Mahasiswa FEB Raih Juara 2 Pada National Accounting Essay Competition

redaksi