Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Mantap! Rumah Sakit USU Punya Test Swab untuk Periksa PDP dan ODP COVID-19!

Penulis: Carolina/Kurniadi

SUARA USU, MEDAN. Berita gembira dalam dunia medis khususnya di Sumatera Utara datang dari Rumah Sakit USU, Rektor USU Runtung Sitepu mengabarkan melalui pesan singkatnya mengenai reagensia yang menjadi bahan utama melakukan swab pasien PDP Covid-19 dengan menggunakan PCR telah tiba di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara pada Rabu Sore (15/04/2020).


“Yang pertama, Reagensia bantuan Litbangkes dari Jakarta untuk 300 pasien, dan yang kedua pesanan dengan cara dibeli untuk Rumah Sakit USU sendiri. Yang dipesan untuk 1000 pasien, tetapi yang baru tiba untuk 33 pasien. Begitu tiba kemarin sore langsung diuji coba oleh Tim yang sudah disiapkan melakukan swab dengan menggunakan 2 (dua) unit PCR milik Rumah Sakit USU dan hasilnya baik,” tutur Runtung.


Selanjutnya, ia juga menerangkan bahwa pada Kamis Pagi (16/04/2020) 2 Alat PCR yang ada telah siap digunakan untuk memeriksa dengan cara swab pasien yang sedang dalam pengawasan dan mampu melakukan pengetesan hingga 330 pasien.


“Pada pukul 10 pagi ini 2 unit alat PCR tersebut sudah siap (running) digunakan untuk memeriksa PDP Covid-19 dengan cara swab. Untuk sementara ini reagensianya cukup untuk 330 pasien. Diharapkan pesanan RS USU yang masih ada untuk kebutuhan 967 pasien lagi segera tiba,” tambah Runtung

Sebelumnya USU juga sudah memiliki 3 (tiga) Unit PCR. Satu terletak di RS USU, satu di Fakultas Kedokteran USU dan satu lagi di Laboratorium Terpadu USU.


Runtung juga menyebutkan, “Khusus untuk melakukan swab terhadap pasien, membutuhkan bahan yang namanya Reagensia. Sebulan yang lalu RS USU telah berusaha membelinya, tetapi barangnya tidak ada dan baru tiba kemarin sore. Itupun dari 1000 yang dipesan baru diterima 33. Untunglah ada bantuan dari Litbangkes 300. Ahli-ahlinya juga banyak di USU dan Timnya pun sudah dibentuk sebulan yg lalu” tegasnya.

Redaktur Tulisan: Kurniadi Syahputra

Related posts

Rizky-Ibnu, Harapan Baru dari dan untuk Fakultas Biru

redaksi

Tanpa Kepastian, Bantuan Keringanan SPP/UKT USU Dipertanyakan

redaksi

Adakan Survei, PEMA FISIP USU Inisiasi Gerakan Keadilan UKT

redaksi