Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Masa Kuliah Daring Diperpanjang, Mahasiswa USU Menuntut Kompensasi

Penulis: Kurniadi Syahputra


SUARA USU, Medan
. Melalui surat edaran rektor terbaru Nomor 3647/UN5.1.R/KPM/2020, tentang perpanjangan masa Kegiatan akademik secara online dan perpanjangan masa Work From Home di Lingkungan USU diedarkan pada Jumat (03/04/2020).


Dengan perpanjangan surat edaran tersebut, rektor menjelaskan bahwa USU memperpanjang masa kuliah daring hingga akhir Semester Genap dan menghentikan segala aktivitas kampus atau Lockdown Kampus USU hingga 21 April 2020.


Tentu hal tersebut menimbulkan berbagai macam tanggapan dan tuntutan yang dilayangkan oleh mahasiswa USU kepada rektor maupun birokrat terkait. Bermacam-macam tuntutannya, seperti mulai dari kompensasi hingga keringanan tugas kuliah.


“Banyak kawan yang lain alat-alat untuk kuliah onlinenya terbatas. Seperti ada yang punya handphone tapi kesulitan jaringan dan paket data. Sementara untuk dosen harapannya tidak membebani tugas hingga akhirnya menumpuk,” ungkap Atala.


“Apalagi sampai menuntut mahasiswa harus tepat waktu mengisi daftar hadir, tanpa memikirkan bagaimana mahasiswanya yang di kampung kesusahan sinyal. Mungkinkan bisa, kebijakan dari rektorat untuk memberikan bantuan baik berupa uang maupun data atau paket internet kepada mahasiswa? Karena mungkin ini adalah tuntutan kita bersama saat ini,” sambungnya.


Tuntutan senada juga dilayangkan oleh Andre Hermawan, mahasiswa Ekonomi Pembangunan. Ia menuntut agar kiranya USU memberikan kompensasi kuota internet kepada mahasiswa. Hal ini disebabkan biaya yang dikeluarkan untuk internet setiap hari tidaklah sedikit.
“Kalau bisa, kami juga diberikan kuota untuk internet oleh USU,” tegasnya singkat.

Berbeda dengan dua tuntutan sebelumnya, Imam Andrean dari Fakultas Kehutanan berpendapat mengenai kemudahan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir hingga pengurangan biaya kuliah yang dianggap mampu membantu para orang tua mahasiswa menghadapi persoalan ekonomi.
“Harapan saya mahasiswa tingkat akhir ini lebih dipermudah menyusun skripsinya. Dan juga semoga uang kuliah bisa dikurangin untuk semester depan.”


Mendengar banyaknya tuntutan para mahasiswa di tengah pandemi COVID-19 ini, Kepala Humas USU Elvi Sumanti memberikan penjelasannya.

“Kita kan sudah ada subsidi paket internet untuk mengakses E-learning yang disediakan USU dan untuk penurunan biaya atau subsidi UKT dan lainnya, tunggu saja hingga ada kebijakan dari pimpinan USU,” jelas Elvi selaku Kepala Humas USU.

Redaktur Tulisan: Orsella Nuraina

Related posts

Garda Media Gelar Workshop Jurnalistik

suarausu

Mapping Your Career, Creating Your Future bersama AIESEC in USU

redaksi

Menulis dan Menembus Media Massa Bersama IPPSU

redaksi