Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Life Style

Rebahan Produktif: Ditengah Himbauan Di Rumah Aja

Penulis: Yessica Irene

Suara USU, Medan. Maraknya kasus covid-19 yang sedang mengguncang dunia awal tahun ini, membuat pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk lockdown sementara terhitung mulai dari 16 Maret 2020 sampai dengan 29 mei 2020. Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan seluruh warga masyarakat untuk tetap diam di rumah saja agar tidak terjadi penularan virus covid-19.

Waktu untuk berdiam diri di rumah membuat banyak pekerja dan mahasiswa yang melakukan aktivitasnya di rumah melalui sistem online. Walaupun berada di rumah para pekerja tidak menghabiskan waktunya dengan sia-sia karena masih harus bekerja dari rumah. Tidak berbeda dengan para mahasiswa yang melakukan pembelajaran dari rumah, mereka disibukkan dengan setumpuk tugas yang diberikan oleh dosen ditambah lagi deadline yang menghantui mereka setiap hari. Sehingga tidak membuat waktu mereka di rumah menjadi sia-sia.

Beberapa mahasiswa mengaku masih tetap santai menghadapi banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen mereka. “Kan masih bisa rebahan santailah nggak usah tegang kali ngerjain tugasnya” ucap salah seorang mahasiswa yang masih bisa menoleransi tugas yang diberikan oleh dosennya.

Kebijakan untuk tetap di rumah atau rebahan produktif ini dinilai baik oleh sebagian masyarakat, tetapi sebagian masyarakat mengeluhkan karena tidak terbiasa untuk berada di rumah disepanjang hari. Tidak bisanya berpergian ke pusat perbelanjaan dan wisata menjadi faktor utama masyarakat yang tidak suka akan kebijakan ini. Mereka merasa bosan dan jenuh jika harus berada di rumah sepanjang hari.

Di samping melakukan kegiatan bekerja dan belajar dari rumah, banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang selama di rumah. Membersihkan rumah seperti menyapu dan mengepel dapat menjadi salah satu pilihan kegiatan, hal tersebut juga dapat sekaligus membuat kita berolahraga ketika sudah terlalu lama berdiam diri. Kegiatan lain yang mengasah kreativitas dan menggali hobby kita juga bisa dilakukan di tengah waktu luang ini. Bermain game, membaca buku, dan menonton film menjadi alternatif pilihan jika merasa bosan berada di rumah sepanjang hari. Khususnya bagi kaum millenial sekarang sedang boomingnya aplikasi tik tok di mana hal tersebut dapat menemani waktu luang mereka.

Walaupun banyaknya waktu luang yang ada bukan alasan kita untuk menyia-nyiakan waktu tersebut. Dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat kita bisa menjadikan waktu yang panjang ini menjadi produktif. Walaupun melakukan beberapa kegiatan jangan sampai kegiatan tersebut membuat kita menjadi lelah. Cukup pilih kegiatan yang dapat menemani waktu luangmu yang panjang menjadi produktif.

Berdiam diri dan melakukan beberapa kegiatan produktif di rumah akan mendukung pemerintah untuk menuntaskan kasus virus covid-19 ini. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus ikut serta dalam menuntaskan virus mematikan ini. Dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk berada di rumah sepanjang hari dan menghindari kerumunan merupakan hal penting yang harus dilakukan saat ini. Jangan takut pekerjaan akan tertunda karna canggihnya teknologi kini dapat membuat segala sesuatu nya bisa dilakukan dari rumah saja.

Redaktur: Nurul Sahira

Related posts

Abis Lebaran Makin Lebar-an? Oh, Tidak!

redaksi

Jelang Lebaran, Yuk Intip Hal Apa Saja yang Harus Dipersiapkan!

redaksi

Oversharing, Budaya Baru Pengguna Media Sosial

redaksi