SUARA USU
Film

Mau Jadi Apa? Biografi Soleh Solihun dan Lika-Liku Kehidupan Mahasiswa Jurnalistik!

Oleh: Nyangono Belinga Isabelle

Suara USU, Medan. Film Mau Jadi Apa? merupakan film tentang kehidupan Soleh Solihun di Universitas Padjajaran (UNPAD) yang disutradarakan oleh Monty Tiwa dan Soleh Solihun yang rilis pada tahun 2017 lalu. Film ini diperankan oleh Soleh Solihun sebagai pemeran utama.

Selain dibintangi oleh Soleh Solihun, film ini dibintangi oleh Boris Bokir (Lukman), Adjis Doaibu (Marsyel), Awwe (Eko), Ricky Wattimena (Syarif), Anggika Bolsterli (Fey), Aurelie Moereman (Ros). Dan juga para pemain cameo seperti Ernest Prakasa, Uus, Gading Martin, Andhika Pratama, Tike Priatnakusumah, Ridwan Remin, Karina Suwandhi, hingga The Changcuters.

Mau Jadi Apa? berlatar pada tahun 90-an yang menceritakan tentang mahasiwa Jurnalistik yang tidak tahu ingin menjadi apa, semua kegiatan mereka coba seperti ikut aktivis kampus, atlet basket, pecinta alam dan lain-lain tetapi satu kegiatan pun tidak ada yang cocok untuk mereka.

Akhirnya, Soleh mengikuti UKM majalah mahasiwa karena ada Ros, teman seangkatan yang dia sukai. Soleh dan Ros ternyata sama sama penggemar band Slank karena itu mereka menjadi lebih dekat.

Fakta Jatinangor ide tulisan Soleh tidak disetujui oleh Pemimpin Redaksinya, tetapi Soleh tidak mau keluar dari UKM tersebut dan membuat rencana dengan ke-5 temannya. Mereka membuat majalah kampus mereka sendiri tentang hiburan karena mereka bosan majalah kampus di UNPAD isinya selalu tentang politik.

Mereka membuat nama majalah kampus tersebut dengan Karung Goni yang merupakan kepanjangan dari Kabar, Ungkapan, Gosip, dan Opini. Lalu mereka membuat tulisan mereka masing masing untuk diupload ke media mereka sendiri.

Awalnya mereka kesulitan untuk mendapatkan pembaca tetapi lama-kelamaan semua mahasiwa tertarik untuk membaca majalah Karung Goni. Mereka juga memakai strategi pemasaran mereka sendiri agar orang-orang mau membaca majalah kampus mereka.

Tetapi suatu ketika mereka terkena masalah karena salah satu artikelnya ada yang membocorkan skandal yang melibatkan dosen kepada mahasiswanya. Tidak hanya itu soleh juga ada konflik dengan Ros dan teman temannya juga menghadapi masalah mereka masing-masing.

Film Mau Jadi Apa? membuat kita seakan ada film juga karena suasananya, mereka juga menggunakan bahasa Sunda yang sangat kentara. Para pemain film juga terlihat culun mulai dari rambut sampai tingkah mereka masing-masing. Film komedi ini mudah dicerna dan tidak berlebihan, dan penampilan para pemain juga sangat natural.

Walaupun film Mau Jadi Apa? cukup menarik dengan nuansa nostalgianya, film ini juga ada kekurangannya karena di film ini yang terlalu disorot hanya Soleh saja, dan kurang mengeksplor atau memperlihatkan masalah pribadi Fey, Lukman, Marsyel, dan Eko.

Tetapi walau dengan satu dan dua kekurangan yang ada, film ini cocok dan tetap akan sangat kami rekomendasikan untuk ditonton di berbagai situasi dan kondisi. Pesan utama dari film ini juga adalah, jangan pernah berhenti mencari jati diri dan tetap bahagia.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

THE NUN II (2023): Teror Valak Kembali!

redaksi

The Pursuit of Happyness, Kisah Inspiratif Penuh Harapan dan Kegigihan

redaksi

Sinkhole, Fenomena Lubang Pembuangan yang Menelan Bangunan Apartemen

redaksi