SUARA USU
Opini

Membaca bukan Menjelaskan: Fenomena Presentasi Mahasiswa yang Kosong Makna

Oleh: Lucy Kezia Simarmata

Suara USU, Medan. Jika berbicara tentang metode pembelajaran di kalangan perguruan tinggi, tentu saja sangat beragam dan variatif, sama halnya seperti yang terjadi di Universitas Sumatera Utara. Kali ini, metode pembelajaran yang akan dibahas adalah salah satu metode yang lumrah, yaitu presentasi berkelompok yang biasanya dilakukan mahasiswa.

Presentasi ialah metode mengungkapkan materi atau topik pembelajaran di depan umum Ā oleh lebih dari satu penyaji atau presenter. Metode ini biasanya menampilkan slide PowerPoint sebagai bahan acuan untuk menjelaskan. Metode presentasi ini harusnya bisa menjadi hal yang efektif jika presenter atau penyaji mampu memahami dan menganalisis slide demi slide sehingga mampu menyalurkan pemahaman yang baik kepada audiens.

Namun, yang menjadi kenyataan adalah bahwa tak segelintir mahasiswa belum mampu memaksimalkan performanya saat presentasi. Faktanya, beberapa mahasiswa hanya membaca slide presentasi mereka tanpa adanya analisis yang jelas. Sebenarnya masalahnya bukan pada membaca saja, tapi harapannya ketika membaca slide mahasiswa bisa menyampaikan pemahaman mereka terkait bacaan tersebut agar metode ini lebih efektif.

Beberapa hal yang mungkin menyebabkan hal tersebut bisa bercabang, Ā seperti tidak adanya persiapan yang matang dari mahasiswa dikarenakan jadwal yang padat atau tugas yang menumpuk, ketergantungan mahasiswa terhadap teknologi, ketidakpahaman akan materi tersebut sehingga membuat presenter kurang percaya diri dalam menyajikannya, atau karena kurangnya ketegasan dari dosen yang bersangkutan terkait cara menyampaikan materi yang seharusnya.

Hal ini tentunya berdampak pada mahasiswa dan bagi pendengar. Bagi mahasiswa yang ketergantungan pada slide akan sulit mendapatkan manfaat bagi dirinya sendiri. Kita tahu bahwa ketika kita paham akan apa yang kita jelaskan, maka ilmu pengetahuan itu sudah kita adopsi dan menjadi manfaat bagi kita. Namun, jika hal ini terjadi, maka kita tidak akan mendapatkan manfaat tersebut, hal itu juga akan menguatkan rasa tidak percaya diri, dan kemungkinan akhirnya ialah mendapat penilaian yang tidak maksimal dari dosen yang bersangkutan.

Sementara, dampaknya bagi audiens ialah kurang memahami materi jika hanya disampaikan tanpa adanya penjelasan, dan ketika presenter berbicara mereka bisa saja kehilangan minat untuk mendengarkan pemaparannya.

Ada beberapa solusi yang bisa mengatasi hal tersebut, seperti diharapkannya ketegasan dosen yang bisa menindak hal ini agar mahasiswa yang demikian bisa lebih peduli pada performanya sehingga pembelajaran bisa menjadi efektif. Selain itu, dibanding presentasi yang hanya satu arah, ada baiknya menambahkan waktu debat atau diskusi kelompok yang bisa memicu rasa ingin tahu dan pemikiran yang kritis sehingga mampu menganalisis dengan seksama.

Redaktur: Yuni Hikmah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengikis Budaya Keterlambatan, Sebuah Tuntutan untuk Kehidupan yang Lebih Produktif

redaksi

Menilik Pembatasan Informasi Elektronik oleh Pemerintah, Kebebasan Berpendapat Tersumbat?

redaksi

Refleksi 71 Tahun USU, Masih Banyak Yang Perlu Dibenahi

redaksi
redmiqq bandarpkv bagiqq viralqq lonteqq serverpkv abangqq 788bola ligadunia365 resmibet 66mega https://788bola.com/ https://resmibet.com/ https://ligadunia365.com/ pokerqq dominoqq parlay judi bola pkvgames bandarqq dominoqq parlay pkvgames bandarqq dominoqq qiuqiu parlay bandarqq pkvgames dominoqq pkvgames bandarqq dominoqq buaya77 bandarqq pkvgames pkv parlay bandarqq pkvgames dominoqq pokerqq qiuqiu parlay 10k slot demo pg soft bandarqq pkvgames scatter hitam https://sucukcuzade.com.tr/htdocs/slotgacor/ pkv games http://medstocks.in/judibola/ ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- bandarqq pkvgames bandarqq dominoqq pkv games qiuqiu parlay pkvgames dominoqq bandarqq ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ parlay https://dbqpbvms.org/mixparlay/ https://dbqpbvms.org/bandarqq/ https://dbqpbvms.org/public/domino99/ https://dbqpbvms.org/htdocs/bet88/ https://dbqpbvms.org/pkv-games/ https://www.dentalworldindia.com/web/bandarqq/ https://www.dentalworldindia.com/ind/99/ https://www.dentalworldindia.com/oral-care/pkv/ https://www.dentalworldindia.com/.docs/pkv/ https://www.dentalworldindia.com/wp-includes/js/parlay/ https://www.dentalworldindia.com/wp-includes/demo/slotzeus/ https://halofkmusu.or.id/wp-content/upgrade-temp-backup/bandarqq/ https://halofkmusu.or.id/wp-content/upgrade-temp-backup/pkvgames/ https://halofkmusu.or.id/wp-content/upgrade-temp-backup/qiuqiu/ https://halofkmusu.or.id/wp-content/uploads/2024/07/dominoqq/ https://halofkmusu.or.id/wp-includes/l10n/mixparlay/ https://halofkmusu.or.id/wp-includes/l10n/77rabbit/ https://suarausu.or.id/wp-content/tutor/ https://suarausu.or.id/wp-content/public/slot77/ https://suarausu.or.id/wp-content/Apk/mt777/ https://suarausu.or.id/wp-content/Apk/rp777/ https://suarausu.or.id/wp-content/fc/parlay/ https://suarausu.or.id/wp-content/upgrade-temp-backup/pkvgames/ https://suarausu.or.id/wp-content/htdocs/bandarqq/ https://suarausu.or.id/wp-content/htdocs/dominoqq/ https://www.ahcfacilities.com/docs/pkvgames/ https://wpsotp.schooloftomorrow.ph/sch-ph/qq/ https://neerajbhagat.com/bandarqq/ https://neerajbhagat.com/dominoqq/ https://neerajbhagat.com/pkvgames/ https://haoyangtechnology.sg/wp-includes/docs/qiuqiu/ https://haoyangtechnology.sg/wp-includes/pkv-games/ https://erasmus.swu.bg/wp-includes/edu/ https://mdasc.cds.hku.hk/wp-includes/htdocs/pkv/ https://mdasc.cds.hku.hk/wp-includes/htdocs/qq/ https://mdasc.cds.hku.hk/wp-includes/edu/bet88/ https://mdasc.cds.hku.hk/wp-includes/bd-pkv/ https://support-my-decision.org.au/wp-includes/js/bandarqq/ https://support-my-decision.org.au/wp-includes/js/dominoqq/ https://future-of-real-estate.de/wp-includes/pkvgames/ https://future-of-real-estate.de/wp-includes/byon/byon338/ https://drfreezones.com/wp-content/login/bandarqq/ http://ddqinvest.projectstatus.in/wp-includes/invest/parlay/ https://quranacademy.us.com/wp-includes/material/parlay/ https://golearn.com.my/wp-includes/bd-pkv/ https://golearn.com.my/wp-includes/register/dominoqq/ https://golearn.com.my/wp-includes/tutor/parlay/ https://golearn.com.my/olx/olxgacor/ http://lajoaquinachascomus.com.ar/wp-includes/js/docs/hanoman138/ https://propipe.com.au/wp-includes/demo/slotdemo/ https://propipe.com.au/wp-includes/docs/bandarqq/ https://propipe.com.au/wp-includes/js/pkvgames/ http://medstocks.in/docs/bandarqq/ http://medstocks.in/docs/qiuqiu/ https://c-lines.com/wp-includes/sbo/sboku88/ https://afrosmartcity.com/wp-includes/pkv/pkvgames/ https://estelaza.com/wp-includes/docs/bandarqq/ https://www.cds.hku.hk/wp-includes/docs/bandarqq/ https://www.cds.hku.hk/wp-includes/web/pkvgames/ https://www.cds.hku.hk/wp-includes/fc/parlay/ https://www.cds.hku.hk/wp-includes/tutor/slotgacor/ https://eisp.um6ss.ma/wp-includes/docs/dominoqq/ https://eisp.um6ss.ma/wp-includes/tutor/qiuqiu/ https://eisp.um6ss.ma/wp-includes/pro/parlay/ https://chapellepieddulac.com/wp-includes/public/dominoqq/ https://chapellepieddulac.com/wp-includes/library/parlay/