Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Menatap World Class University, USU Reformasi Letak dan Kinerja UKM!

Oleh : Azka Zere dan Syarifah Hanum

Itu juga pembelajaran buat mahasiswa, kita ini Universitas Sumatera Utara, kelasnya ada. Ini USU merintis ke WCU (red: World Class University),” terang Staf Ahli bidang Kemahasiswaan pada Suara USU.

Isu penyatuan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa di USU, kiah hari kian berhembus kencang. Terlebih kala UKM Pramuka USU harus mengucapkan selamat tinggal pada sanggar mereka yang lama.

Rabu (25/3), Tim Suara USU mendatangi Gedung Biro Rektor USU untuk menginvestigasi terkait isu penyatuan sekretariat UKM dalam satu gedung induk.

Doli Dalimunthe, selaku Staf Ahli Rektor USU, membenarkan isu tersebut. Beliau juga mengatakan perencanaan ini sudah dari 2019 lalu. Ia menjelaskan, bahwa sekretariat UKM mungkin tidak bisa semua ditempatkan dalam satu lokasi.

“Kita serius untuk menempatkan sekretariat UKM dalam satu lokasi, tapi mungkin nggak bisa semua ya. Masih tetap ada sebagian yang di depan atau nanti ada di tempat lain,” ujarnya.

Letak gedung sentral ini diperkirakan berada di pintu satu, depan Fakultas Hukum, tepatnya di gedung tua yang sudah kosong.

“Itu kalau masih ada yang kosong. Kalau kurang, kita akan cari tempat yang lain. Tapi semua akan mendapatkan tempat karena itu yang memang menjadi isu scoring di SIMKATMAWA,” jelasnya.

“Kuncinya di koordinator, itu yang mau kita kuatkan, kita mau keluarkan standarisasi event, standarisasi proposal, karena selama ini gaada standarnya. Pelan-pelan lah InsyaAllah, karena yang merubah mindset ini yang susah, kita udah sepakat go ahead!,” jelasnya.

Sebelum memasuki bulan Ramadhan , Doli menjanjikan  realisasi penyatuan  sekretariat UKM ini sudah selesai. Ia tidak bisa menjanjikan akan membangun gedung baru, tetapi lebih memfokuskan pada pemanfaatan aset yang tentunya diiringi dengan perenovasian.

Mengenai kemungkinan adanya pro kontra terkait kebijakan ini, Doli menjelaskan, bahwa ini masih dalam tahap uji coba dan perubahan nantinya ia harap mampu membawa UKM di USU ke arah yang lebih baik  dan tingkat kerapian setiap sekretariat UKM akan meningkat..

“Jika bagus, ini akan tetap dijalankan. Jika memang ada yang perlu diperbaiki, pasti akan kita evaluasi. Ini masih uji, kita akan coba sesuatu yang baru yang selama ini tidak kita lakukan.”

Doli juga menambahkan bahwa walaupun keuangan USU masih dalam proses audit, proposal untuk kegiatan mahasiswa sudah bisa disalurkan.

“Proposal sudah bisa masuk hari ini, tetapi prosesnya harus tetap koordinasi dulu ke WR 2 karena WR 2 yang tau mana yang sudah boleh dan mana yang belum. Izin prinsip juga sudah keluar, yang secara keseluruhan sudah disetujui, tetapi masih ada beberapa program yang masih dipertanyakan. Namun, untuk kegiatan mahasiswa itu clear, maka proposal tetap jalan,” jelasnya.

Sebagai penutup, ia meminta support dan juga dukungan  untuk konsep yang dilakukan Rektor USU ini. Kalau ada kendala, masing-masing koordinator UKM boleh menyampaikan ke staf ahli.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Rekrutmen Terbuka HIMALA USU, Ajak Mahasiswa Langkat Bersinergi Bersama!

redaksi

Pelantikan Pengurus Komisariat HIMALA USU Periode 2021-2022 Berjalan Khidmat

redaksi

Rektor dan Wakil Rektor USU Dinyatakan Positif Covid-19

redaksi