SUARA USU
Musik

Menikmati kegiatan di rumah sambil menjaga 5M dengan House Party!

source: idntimes.com

Oleh : Fitri Dian Jannah

Suara USU, Medan. Jika mendengar nama Super Junior, tentunya kalian sudah tidak asing lagi kan? Super Junior adalah idol grup asal korea selatan yang menebarkan popularitasnya melalui album ketiga yang berjudul “Sorry Sorry”(2009). Super Junior baru saja mengeluarkan Album ke-10 yang berjudul “The Renaissance” dalam rangka merayakan Anniversary mereka yang ke -15.

Lagu berjudul House Party yang baru dirilis pada 16 Maret lalu menuai banyak perhatian dari berbagai media, seperti Walikota Semarang, OJK, Jasa Raharja, Bank Jatim, Radio Kesehatan, LKPP, Kemkominfo, Bank Indonesia, Kemenkes RI, Duta Besar Mexico untuk Korea, hingga organisasi kesehatan dunia, yaitu WHO. Mengapa hal ini bisa mendapat banyak perhatian? Hal ini dikarenakan Super Junior mempromosikan lagu House Party yang berisikan ajakan untuk meningkatkan kesadaran akan covid-19, kemudian pesan menyenangkan untuk tetap bersenang-senang meskipun hanya di rumah dan selalu berusaha mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Hal tersebut disampaikan melalui lirik lagu serta koreografi yang secara tersembunyi menggambarkan anjuran protokol kesehatan, dan video musik yang menggambarkan situasi yang dialami orang-orang saat pandemi.

Terkurung di rumah

Di luar rumah adalah tempat berbahaya untuk sementara

Kalau masih melanggar

Bisa terkena akibatnya

Freedom is not free, You messed up

Nah, ini merupakan penggalan lirik bagian rap pada lagu House Party. Pada lirik tersebut Super Junior menegaskan bahwa hal-hal di luar rumah saat ini terlalu berbahaya karena kita tidak tahu siapa saja yang kita temui di luar rumah. Balik lagi kepada diri kita sendiri, kalau tetap melanggar aturan pemerintah maka akan besar potensi kita untuk terkena akibatnya.

Banyak pesan lain juga yang ingin disampaikan oleh Super Junior kepada pendengar setianya di lagu ini seperti setiap perbuatan kecil dapat memberikan pengaruh besar yang tak disangka, menjaga jarak satu meter, dan terkadang kita diberikan kesedihan yang bertingkat-tingkat dan kebahagiaan diberikan pada mereka yang berhasil melewatinya. Penyampaian pesan ini diiringi musik dengan melodi up-beat sehingga membuat mereka yang sedang mendengar tidak merasa bosan.

Penyajian video yang menarik dan pesan yang terdapat dalam pembuatan lagu ini berhasil menarik perhatian banyak orang dengan telah ditontonnya music video House Party sebanyak 17.133.413  juta kali di kanal youtube.

Sejalan dengan tujuan pembuatan album Renaissance, yaitu  menghidupkan kembali klasik untuk menunjukkan gerakan baru sebagai titik balik, yang mana pembuatan album ini merupakan kebangkitan baru untuk Super Junior. House Party sendiri merupakan salah satu bentuk gebrakan baru yang diusung oleh Super Junior selama masa pandemi, bukan saja untuk menghibur penggemar sejati mereka tetapi juga ikut mengedukasi masyarakat luas mengenai pentingnya mematuhi protokol kesehatan 5M. Mari kita dengarkan lagu House Party dengan mengambil pesan yang terdapat didalamnya ya!

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

UN1TY Membawa Makna Unity in Diversity

redaksi

Seperti Takdir Kita yang Tulis: Tak Semua Angan Harus Kau Raih

redaksi

Makna Lagu ‘Crying Out’ dari D.O Kyungsoo (EXO)

redaksi