SUARA USU
Film

Move To Heaven, Menghargai Kehidupan Lewat Kematian

Oleh: Amanda Amelia

Suara USU, Medan. Netflix kembali lagi dengan drama yang mengundang sejuta perhatian. Berbeda dari drama yang Netflix keluarkan sebelumnya, drama ini membawa penonton dari sudut pandang  sisi orang yang ditinggalkan. Move To Heaven disutradarai oleh Kim Seong-ho dan ditulis oleh Yoon Ji-ryeon. Dengan pemeran utama Lee Je-hoon sebagai Sang-gu dan Tan Jun-sang sebagai Geu-ru. Drama seri ini dirilis melalui Netflix pada 14 Mei 2021 dan menjadi seri orisinal Netflix Korea Selatan ke-11 yang dirilis melalui Netflix.

Fakta menarik dari Move To Haven ini adalah Sutradara Kim Seong-ho terinspirasi dari esai non-fiksi karya Kim Sae-byul berjudul Things Left Behind. Melalui Move To Heaven, ia juga ingin menunjukkan pentingnya proses pembersihan trauma dalam sebuah perpisahan. Mengisahkan tentang Han Geu-ru seorang pemuda pengidap sindrom asperger yang kesulitan memahami emosi dan berinteraksi sosial, tetapi dapat mengingat dengan detail apa yang dilihat dan didengarnya.

Move To Heaven menyajikan cerita yang berbeda dari lainnya karena drama ini menyorot kehidupan seorang pembersih TKP sekaligus penyampai pesan mendiang kepada keluarganya. Jasa mereka dijual dengan memakai nama “ Move To Heaven”. Drama yang hanya berjumlah 10 episode ini berhasil membawa penonton masuk kedalamnya karena kisah menyentuh dan memilukan  dari para mendiang yang sangat beragam. Apalagi, kisah dari drama Move To Heaven ini diangkat dari kisah nyata dan berbagai masalah sosial yang sering terjadi di Korea Selatan, seperti ketidakadilan bagi pegawai magang, homoseksual, penguntitan, bunuh diri, dan adopsi internasional.

Tidak hanya berfokus pada cerita para mendiang yang menjadi klien ” Move To Heaven “ , tetapi alur cerita drama ini juga mengisahkan kisah tentang Han Geu-ru dan Cho Sang-gu sebagai tokoh sentral. Mereka menyimpan luka dan trauma karena kejadian di masa lalu. Menjelang tamat, penonton akan diperlihatkan bagaimana kedua tokoh sentral itu saling menyembuhkan luka dan menghapus trauma masing-masing.

“ Ayahku bilang, saat dilihat dengan seksama, mendiang akan menceritakan kita sebuah kisah.” – Han Geu-ru.

Serial Move to Heaven ini merangkul kematian tanpa harus menakutkan. Kdrama slice of life yang unik, menenangkan, dan dipenuhi kisah haru yang membuat kita lebih menghargai kehidupan,, banyak makna yang bisa kita dapatkan dengan menonton serial yang satu ini. Serial Move To Heaven ini sudah dapat kamu nikmati di Netflix yaa!

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Hope, Apakah harapan itu masih ada?

redaksi

Greta, Pertemanan yang Manis Diakhiri dengan Teror yang Tragis

redaksi

Lemantun : Sebuah Warisan Tak Biasa

redaksi