SUARA USU
Featured Opini

Mulai Merasa Jenuh Saat Kuliah? Ini Tips Untuk Mengatasinya

Oleh: Amanda Amelia

Suara USU, Medan. Bagi sebagian orang kuliah terasa menyenangkan. Namun, di sisi lain bagi sebagian orang merasa bahwa kuliah itu adalah sesuatu yang membosankan. Bahkan yang awalnya semangat, bisa saja lama-lama mengalami kejenuhan.

Apalagi kuliah disaat masa pandemi ini. Bagian yang menyenangkan dari kuliah jarak jauh mungkin kamu tidak perlu terburu-buru untuk pergi ke kampus karena kesiangan. Bagian yang membosankannya itu, kamu harus bangun pagi, buka laptop, dipertengahan kuliah kamu mulai mengantuk, dan mulai bosan. Hal tersebut terus terulang sampai hari-hari berikutnya.

Bagi sobat Suara USU apakah ada yang mulai merasa jenuh karena kuliah? Penulis berharap kamu tidak boleh bosan ya. Berikut adalah tips  kembalikan semangat saat jenuh kuliah.

  1. Bersyukur, tidak semua orang bisa kuliah

Banyak loh yang ingin kuliah namun terkendala oleh banyak hal. Bisa karena tidak ada transportasi yang mendukung sebab rumahnya jauh dari kota, tidak mendapatkan kesempatan beasiswa, tidak memiliki uang untuk kuliah, padahal secara kemampuan akademik memadai.

Jadi buat Sobat Suara USU yang masih bisa berkuliah saat ini, ketika kamu sedang jenuh atau malas kuliah kamu harus bersyukur sebab masih bisa kuliah sampai saat ini.

 

  1. Membuat kompetisi pada diri sendiri.

Tips yang kedua adalah membuat kompetisi pada diri sendiri. Misalnya, kamu menantang diri kamu untuk mendapatkan nilai minimal B+, sebab dengan memberi tantangan pada diri sendiri bisa membuat kamu lebih semangat pada saat kuliah.

 

  1. Ingat tujuan kamu kuliah

Tips yang ketiga adalah kamu harus ingat apa tujuan kamu kuliah. Saat mulai jenuh kuliah, kamu perlu mengingat-ingat kembali tujuan awal kamu kuliah. Apa sih yang melatar belakangi kamu ingin kuliah? Karena tuntutan orangtua? Karena keinginan sendiri? Atau karena ingin  memperbaiki nasib dan berharap mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Bersamaan dengan mengingat tujuan kamu kuliah , kamu juga harus ikhlas dalam menjalani kuliah tersebut.

 

  1. Ingat peluang kerja bagi lulusan perguruan tinggi

Setelah kamu ingat apa tujuan kamu kuliah, kamu harus tetap belajar agar segera lulus dari perguruan tinggidan cepat mendapat pekerjaan. Namun lambat laun kuliah online terasa membosankan bukan?  Nah, tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah yang keempat ini bertujuan agar kamu mengingat peluang kerja bagi lulusan perguruan tinggi jauh lebih baik. Membuat perencanaan di masa depan agar tujuan terealisasi.

 

  1. Cintai jurusan yang sudah diambil

Salah satu faktor utama kenapa kita malas kuliah, karena merasa salah jurusan atau tidak suka dengan jurusan yang sudah terlanjur di ambil. Bagaimana sih solusinya? Solusinya hanya belajar mencintai jurusan yang sudah terlanjur diambil. Ketika kita sudah cinta, sebosan atau tidak menariknya pembahasan, akan terasa menyenangkan.

 

  1. Selektif memilih teman kuliah

Nah, tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah satu ini juga sangat penting. Sayangnya, bagi sebagian orang merasa tips ini sering dianggap sepele. Memang terlihat sepele, tetapi sebenarnya fundamental. Jadi, siapa temanmu itulah yang akan mempengaruhi kamu dalam masa per kuliahan.

Jika seumpama dalam jaringan pertemanan lebih banyak yang malas, maka lebih baik kamu yang menghindar dan keluar. Cari teman-teman yang memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi agar kamu tertular terhadap hal-hal baik.

 

  1. Kenali kesenanganmu

Tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah yang terakhir adalah, kenali kesenangan kamu. Meskipun sangat sederhana, tapi masih banyak orang yang belum melakukannya. Pastinya saat kuliah, ada hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Nah, agar tidak bosan kuliah, pikirkan dan bayangkan hal-hal yang menyenangkan saja.

Bagaimana jika tidak ditemukan kesenangan di sana? Sudah pasti jawabannya kamu harus cari kesenangan kamu. Rasanya tidak mungkin tidak ada hal yang dapat menyenangkanmu. Jika tidak ada, bisa loh kamu mengikuti organisasi dikampus yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Pastikan kesenangan yang dicari adalah hal yang bersifat baik ya, jangan yang buruk.

Bosan boleh, jenuh juga boleh. Tapi kamu juga harus ingat bahwa kunci untuk memulai sesuatu yang baru agar terasa mudah adalah hati yang ikhlas dan tulus, ketika hati kita ikhlas dan tulus maka apapun yang kita lakukan semua itu akan terasa ringan. Memulai semua dengan hati yang ikhlas dan tulus, serta semangat yang membara tentu bisa menjadi senjata terkuat kita dalam melangkahkan kaki untuk memulai sesuatu yang baru.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis

 

Related posts

Student Loan: Apakah Salah Satu Solusi UKT Nabi Adam?

redaksi

Mudik Diperbolehkan, Pelaku Industri Transportasi Darat Berikan Dukungan

redaksi

Maraknya Eksploitasi Satwa Liar di Kalangan Influencer

redaksi