SUARA USU
Film

My Liberation Notes: Belajar Membebaskan Diri Sendiri

Oleh: Grace Silva Situngkir

Suara USU, Medan . “Jangan pura-pura bahagia, jangan bermain-pura menderita, dan jujurlah pada dirimu sendiri.” Inilah tiga aturan di Klub Pembebasan yang ada dalam drama My Liberation Notes yang menjadi salah satu catatan yang menjadi pesan dalam drama ini.

Belakangan ini, serial drama dengan genre slice of life ini menjadi perbincangan hangat di berbagai media sosial karena alur ceritanya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Setiap tokoh dalam drama ini memiliki karakteristik yang kuat dan menyenangkan untuk menghadirkan penonton terhanyut dalam alur cerita. Aktor dan aktris yang bermain dalam drama yang ditayangkan oleh siaran JTBC ini, antara lain Kim Ji Won, Lee Min Ki, Son Suk Ku, Lee El dan lainnya.

Drama ini menceritakan sebuah keluarga yang memiliki tiga anak serta satu pekerja yang dengan keluarga tersebut di daerah yang jauh dari bekerja. Setiap tokoh dalam cerita tersebut memiliki karakteristik yang tak jarang kita temui dalam kehidupan atau bahkan tidak jarang penonton merasa menjadi bagian dari karakter tersebut. Dalam drama ini, Lee El, Lee Min Ki, dan Kim Ji Won adalah saudara yang memiliki permasalahan hidup yang berbeda-beda. Lee El sebagai Yeom Gi-Jeong adalah seorang wanita yang berumur namun juga belum menikah. Adiknya Lee Min Ki sebagai Yeom Chang Hee yang juga pekerja keras namun memiliki masalah dengan rekan kerja dan tak kunjung mendapatkan jabatan di kantornya. Sementara adiknya Kim Ji Won sebagai Yeom Mi-Jeong yang juga adalah pekerja di Seoul memiliki masalah dengan atasannya, rekan kerja dan tidak memiliki ambisi dalam kehidupannya. Serta Son Suk Ku sebagai Gu Ja-Gyeong yang kehidupannya penuh misteri dan masa lalu yang kelam.

Bukan drama slice of life biasa, drama ini tak hanya menceritakan kehidupan masing-masing tokoh dengan permasalahan hidupnya, namun juga banyak kejadian yang membuat penonton tertawa dan menghibur. Tak hanya itu, terdapat pula adegan haru yang membawa terbawa alur dan ikut merasakan yang ada dalam drama tersebut. Kisah romansa ketika disajikan menjadi daya tarik masyarakat menyaksikan drama ini dan dikemas dengan sederhana namun sangat bermakna. Bak roller coaster, penonoton diajak untuk merasakan segala emosi yang ada di setiap episode drama tersebut.
Meskipun memiliki yang menarik, semoga drama ini mendapatkan rating yang rendah di awal masa alurnya. Dalam akun Instagram salah satu aktor Korea Selatan, Gong Yoo, mengunggah sebuah postingan yang merekomendasikan drama ini sebagai tontonan yang bagus.

Tak berbohong dengan kualitas, rating drama ini melejit secara nasional sejak pertengahan cerita dan mencapai rating tertingginya pada episode terakhir. Sejak pertengahan alur, drama ini meluapkan banyak emosi di dalamnya yang menjadi daya tarik drama ini yang membuat penonton terkagum-kagum dengan plot yang disajikan dalam cerita. Hingga akhir penayangannya pun, drama ini masih menjadi trending di Twitter dan masih banyak diperbincangkan di media sosial.

“… Aku melangkah satu langkah demi satu langkah untuk mencariku sendiri tanpa bergantung pada siapapun. Semoga kalian dan semoga kita bisa bahagia… Terima kasih semua yang sudah menonton,” unggah Son Sok Ku dalam akun Instagramnya pada Senin, (30/05/2022). Ia mengutip salah satu dialognya serta mengucapkan terima kasih kepada para penonton yang telah memberikan dukungan.

Alur cerita drama ini patut diacungi jempol karena berisikan banyak pesan mengenai kehidupan terutama di masa pendewasaan di mana tak sedikit orang yang merasakan banyak masalah yang menimpa dirinya serta merasa terkurung dalam hiruk-pikuk dunia yang penuh masalah. Lagu OST drama ini juga turut membangun suasana drama menjadi emosional dan terbawa alur. Untuk penonton penikmat drama slice of life, My Liberation Notes adalah salah satu rekomendasi yang akan menghibur sekaligus mengundang haru. Drama ini juga cocok ditonton bersama teman, pasangan ataupun keluarga di sela-sela kesibukan aktivitas di aplikasi Netflix.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Ngeri-Ngeri Sedap, Ajarkan Pentingnya Komunikasi Antar Anggota Keluarga

redaksi

Film Ocean Eight Bertemakan Pencurian, Ada yang Unik!

redaksi

“The Boy and The Heron” (Kimitachi wa Dō Ikiru ka): Belajar Menerima dan Menemukan Makna Hidup di Tengah Kehilangan

redaksi