SUARA USU
Musik

Lagu Pemuda HiVi, Sarana Menghayati Arti Persatuan dan Solidaritas

Oleh: Ester Mulyani. S

Suara USU, Medan. Bersatulah semua
Seperti dahulu

Ajakan bersatu tersebut diserukan oleh grup musik pop Indonesia, HIVI! melalui salah satu lagunya yang bertajuk “Pemuda”. Lagu ini pertama kali diciptakan dan dipopulerkan pertama kali oleh Chaseiro, kelompok vokal mahasiswa dari Universitas Indonesia pada tahun 70-an dan dibawakan kembali oleh HIVI! dalam album Ceritera yang dirilis pada November 2019 silam. Namun, kepada siapakah ajakan ini ditujukan?

Pemuda kemana langkahmu menuju

Apa yang membuat engkau ragu
Tujuan sejati menunggumu sudah
Tetaplah pada pendirian semula

Melalui penggalan lirik di atas, dapat disimpulkan lagu ini ditujukan kepada pemuda, generasi muda Indonesia. Lagu ini sangat cocok didengarkan oleh anak muda karena permasalahan yang dihadapi anak muda tak melulu soal asmara. Bagaimana anak muda terus berproses dan berjuang untuk mencapai goals mereka juga harus mendapatkan perhatian.

Salah satu konflik yang sering dihadapi anak muda adalah keraguan. Keraguan ini kemudian mengakibatkan keenganan untuk melangkah maju.

Melalui lagu ini, HIVI! juga mengingatkan bahwa ada tujuan yang menunggu di ujung jalan. Untuk menggapainya, anak muda harus selalu berpegang pada prinsip dan pendirian.

Dimana artinya berjuang
Tanpa sesuatu pengorbanan
Kemana arti rasa satu itu

Tak ada perjuangan yang tidak melakukan pengorbanan, sekecil apapun itu. Justru, dalam perjuangan inilah, para pemuda dapat kembali menghayati arti persatuan dan solidaritas.

Persatuan menjadi salah satu yang ditekankan HIVI! melalui lagu ini. Hal ini relevan dengan keadaan saat ini. Seperti yang kita tahu, semangat persatuan pemuda di tengah kemajemukan bangsa pertama kali dicanangkan pada momen Sumpah Pemuda 1928. Namun saat ini, tenun persatuan pemuda dengan mudah dikoyak dan dicerai-berai oleh beberapa golongan yang memiliki kepentingan pribadi.

Pemuda, mengapa wajahmu tersirat
Dengan pena yang bertinta belang?

Sikap saling menghargai dan berjuang bahu-membahu sudah digantikan oleh ujaran kebencian dan celaan yang sering diserukan melalui sosial media. Padahal, persatuan pemuda merupakan tonggak berdirinya suatu bangsa.

Lagu Pemuda sejatinya menampar kembali anak muda untuk terus maju, fokus pada tujuan dan tetap memelihara persatuan karena masa depan yang penuh kejutan menunggu mereka.

Selain lirik yang penuh akan makna, irama dan musik yang menyatukan lagu ini juga memberikan kesan semangat dan ceria, sehingga tidak bosan untuk didengarkan berkali-kali.

Bersatulah semua
Seperti dahulu
Lihatlah kemuka
Keinginan luhur kan terjangkau semua

Yuk, sebagai generasi muda kita fokus pada tujuan kita!

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Hanyut Dalam Lantunan Pop Seblay Sentuhan Danilla

redaksi

Saat Kau Telah Mengerti, Wakilkan Suara Dari Para Orang Tua

redaksi

Lagu Lara, Ketika Cinta Sendiri

redaksi