SUARA USU
Kabar Kampus

Paduan Suara ULOS Raih 4 Kemenangan pada 12th Bali Internasional Choir Festival

Reporter: Anggie Syahdina Fitri

Suara USU, Medan. UKM Paduan Suara ULOS kembali mengharumkan nama Universitas Sumatera Utara dengan membawa pulang satu trofi dan empat medali emas pada ajang 12th Bali Internasional Choir Festival. PS ULOS berhasil meraih juara dalam beberapa kategori pada ajang ini, di antaranya Folksong Choir Category dan Mixed Choir Category pada Competition Round serta Folksong Choir Category dan Mixed Choir Category pada Championship Round.

12th Bali International Choir Festival adalah ajang internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Bandung Choral Society. Kegiatan ini berisikan pembinaan dari dalam dan luar negeri yang meliputi program kompetisi, kolaborasi, dan konser. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25-29 Juli 2023 di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Bali.

“Puji Tuhan dari semua kategori yang diikuti PS ULOS, semuanya mendapatkan predikat gold medal dan winner,” ungkap Gray Nori Turnip selaku Ketua Umum PS ULOS.

PS ULOS berhasil meraih gelar juara setelah bersaing ketat dengan beberapa paduan suara baik dari dalam maupun luar negeri. Memiliki keunikan dibandingkan paduan suara lain, PS ULOS membawakan lagu hasil aransemen pelatih mereka saat mengikuti ajang ini.

“Ada beberapa tim yang bersaing ketat dengan PS ULOS, antaranya Landarbasi Abesbatza dari Spanyol, PSM Universitas Trisakti Jakarta, Marbel Youth Choir dari Filipina, Smamda Voice,” ucap Gray.

“Untuk lagu Domine Deus itu adalah lagu yang diaransemen oleh pelatih kami dan hanya kamilah yang membawakan lagu hasil aransemen sendiri,” jelasnya.

Sebelum mengikuti perlombaan, PS ULOS sempat mengadakan pre-competition concert dengan maksud sebagai latihan bagi anggotanya sebelum tampil di depan umum. Walaupun sempat kesulitan saat melakukan persiapan lomba, PS ULOS tetap semangat dan yakin akan memenangkan kompetisi ini.

“Sempat ada kendala dalam hal dana dan waktu latihan, namun para anggota sangat semangat dan menanti kompetisi ini. Para anggota lain yang tidak mengikuti lomba juga para alumni sangat mendukung dan terus memberikan semangat,” ungkap Wakil Ketua Umum PS ULOS Caroline Feryna Manik.

Caroline juga mengatakan ada pengalaman unik yang mereka alami saat sedang mempersiapkan kebutuhan untuk mengikuti perlombaan. Hal ini membuat mereka menjadi lebih semangat hendak mengikuti kompetisi ini.

“Kami sempat ngamen, saat itu membawakan lagu Siksik Sibatumanikkam dan Selayang Pandang secara paduan suara. Ada bapak-bapak yang menikmati nyanyian kami dan memberikan sumbangan sebanyak satu juta rupiah secara sukarela,” kata Caroline.

Setelah persiapan yang panjang, para anggota PS ULOS merasa senang dan bersyukur atas hasil yang mereka dapatkan dalam kompetisi tersebut.

“Teman-teman sudah pasti senang, nangis, dan bersyukur atas hasil yang didapat. Seluruh perjuangan dan kerja keras langsung terbayarkan setelah mendengar pengumuman pemenang,” jelas Gray.

Gray menyampaikan harapannya agar PS ULOS dapat terus menghasilkan prestasi di kompetisi bergengsi baik tingkat nasional maupun internasional. Ia berharap keberhasilan kali ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh anggota PS ULOS agar terus berproses dan belajar ke depannya.

“Atas pencapaian ini semoga PS ULOS semakin dikenal di Kota Medan terlebih lagi Indonesia maupun internasional. Juga untuk kompetisi berikutnya pihak universitas dan pihak eksternal dapat memberikan dukungan lebih dalam meraih prestasi,” harapnya.

“Untuk target PS ULOS ke depannya, yaitu bisa menyelenggarakan konser tahunan, ikut kompetisi nasional yang akan diselenggarakan Kemendikbud tahun depan dan ikut kompetisi internasional lagi di luar negeri,” pungkas Gray.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menghilangkan Self-Stigma Pengguna NAPZA melalui Metode Dynamic Group!

redaksi

Isu Perkuliahan Tatap Muka, Wakil Rektor I: Masih Dalam Proses Pematangan

redaksi

Sastra Inggris Unjuk Talenta pada Perayaan IMSI Anniversary ke-42

redaksi