SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Pelajari Pola Kerja Media Profesional, Suara USU Sambangi Waspada Online

Oleh: Imtiyaaz Moeris dan Dini Eka M.

Pers Mahasiswa Suara USU baru saja melangsungkan kegiatan Kunjungan Media ke salah satu Kantor Media yang ada di Medan, Waspada Online pada Selasa(07/12). Kunjungan kali ini ditujukan guna mempelajari serta memahami mengenai pola kerja media berita baik yang bersifat online maupun cetak.

Wakil Pimpinan Redaksi, Austin E. A. Tumengkol menyambut baik kedatangan rombongan Pers Mahasiswa Suara USU. Dalam kunjungan ini Austin juga ditemani dua rekannya yaitu, Fachril Syahputra selaku Koordinator Liputan, dan M. Agus Utama selaku Redaktur Pelaksana.  Ketiganya dengan rinci menjelaskan mulai dari sejarah awal berdirinya Harian Waspada sampai ke teknis kerja Waspada Online dalam mengola alur pemberitaan.

Tak hanya itu, Austin juga menyebutkan banyak orang melihat jurnalis dari sisi positifnya saja seperti bisa bebas berpergian, mendapat free acses, liputan sekaligus liburan. Tetapi banyak orang yang lupa atau bahkan tidak menyadari bahwa dibalik sisi positif tersebut tedapat sisi duka menjadi jurnalis.

Austin juga mengingatkan Kru Suara USU untuk benar benar totalitas menjadi jurnalis sekaligus secara perlahan mengubah imej negatif masyarakat terhadap profesi tersebut.

“Ingat, terjun di dunia jurnalistik tidak bisa setengah-tengah, karena pertemanan atau ikut-ikutan. Dari begitu banyak UKM di kampus, apa alasan kalian pilih Suara USU? Kami minta kalian paham bahwa wartawan itu profesi yang mulia,” sebut Austin.

Senada dengan Austin, Agus Utama selaku Redaktur Pelaksana juga menyampaikan banyak kejadian yang sudah terjadi pada seorang reporter yang sudah dianggap lumrah.

“Bahkan reporter itu diculik, dirampok, tasnya diambil, disogok, dilempar, dibunuh juga sudah banyak kejadian seperti itu,” tutur Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa menjadi seorang pewarta, reporter harus siap menerima semua konsekuensi yang ada dalam menyampaikan aspirasi serta berita agar sesuai fakta.

“Dibalik itu semua, seorang reporter atau wartawan harus siap menerima konsekuensi yang ada demi menyampaikan aspirasi rakyat dan menyampaikan berita-berita yang sesuai fakta,” tambah Agus.

Kegiatan kali ini diakhiri dengan penyerahan cendramata langsung oleh pihak Suara USU kepada pihak Waspada. Pimpinan Umum Suara USU, Muhammad Fadhlan Amri mengungkapkan bahwa lewat kegiatan kunjungan media kali ini diharapkan mampu memicu semangat kejurnalistikan para anggota Suara USU dan mampu menjadi awal yang baik bagi hubungan Suara USU dan Waspada.

“Harapannya dari kegiatan ini semoga kawan-kawan balik dari sini (Waspada) bisa makin semangat untuk berkegiatan dan menebar kebermanfaatan dan menjadi awal yang baik untuk hubungan Suara USU dan Waspada kedepan,” pungkasnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Ella, Wajah Baru Ketua Umum KBSI!

redaksi

OTT Bupati Langkat, Gubernur Sumatera Utara Sudah Ingatkan Jangan Korupsi!

redaksi

Perdana, HMJ Sastra Arab Sukses Luncurkan IMBA TV

redaksi