SUARA USU
Kabar SUMUT

Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara 2024 Kembali Adakan Pendaftaran Terbuka

Reporter: Wildatul Mutiah

Suara USU, Medan. Dengan semangat mempromosikan dan melestarikan keberagaman bahasa di Sumatera Utara, pendaftaran untuk Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara 2024 resmi dibuka. Pendaftaran program ini dijadwalkan mulai tanggal 25 Januari-25 Februari 2024, sedangkan proses seleksi akan dilakukan pada bulan Maret mendatang.

Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara ini bertujuan untuk menemukan dan memajukan bakat pemuda yang memiliki kemampuan dan kecintaan terhadap keberagaman bahasa dan budaya di Sumatera Utara. Program ini tidak hanya memberikan peluang bagi individu untuk berkontribusi dalam pelestarian budaya, tetapi juga menyediakan platform untuk mengenalkan Sumatera Utara kepada masyarakat luas. Pendaftaran ini terbuka bagi seluruh warga Sumatera Utara yang memiliki dedikasi untuk melestarikan keberagaman bahasa dan budaya, serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Berikut adalah beberapa persyaratan bagi peserta Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara Tahun 2024:

  1. Warga negara Indonesia yang berdomisili di wilayah Sumatera Utara dibuktikan dengan kartu identitas (KTP/KTM/SIM/Surat Domisili);
  2. Berusia 18 s.d. 25 tahun pada saat mendaftar,
  3. Berpendidikan minimal (sudah lulus) SMA/sederajat dan belum menikah;
  4. Mahir berbahasa Indonesia;
  5. Menguasai minimal 1 bahasa daerah dan 1 bahasa asing:
  6. Berpenampilan menarik;
  7. Tidak sedang menjabat duta lainnya; serta
  8. Bukan pemenang atau finalis Duta Bahasa Sumatera Utara dan Duta Bahasa Pelajar Sumatera Utara pada tahun-tahun sebelumnya.

Adapun ketentuan pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara Tahun 2024 yang wajib dilakukan yaitu:

  1. Mengisi formulir pendaftaran pada tautan berikut;
  2. Melampirkan daftar riwayat hidup (sesuai dengan templat yang telah disediakan);
  3. Mengunggah tanda pengenal (KTP/KTM/SIM/Surat Domisili);
  4. Mengunggah foto diri seluruh tubuh (dari kepala sampai kaki) dan setengah badan
  5. Mengikuti akun Instagram @balaibahasa.sumut dan @dubas.sumut;
  6. Melanggani (subscribe) kanal YouTube Balai Bahasa Sumut;
  7. Mengunggah foto diri dengan templat “Saya Telah Mendaftar di akun Instagram utama (templat dapat diunduh di sini) dan menggamit akun Instagram @balaibahasa.sumut dan @dubas.sumut, dan
  8. Memastikan akun Instagram tidak dikunci selama proses seleksi berlangsung.

Peserta yang lolos seleksi berkas akan mengikuti serangkaian tahapan kompetisi, termasuk seleksi wawancara dan seleksi akhir. Tahapan ini akan berlangsung hingga pengumuman hasil seleksi pada akhir bulan April yang nantinya akan diumumkan melalui akun media sosial Instagram @balaibahasa.sumut dan @dubas.sumut. Pasangan pemenang Duta Bahasa Sumatera Utara Tahun 2024 akan melakukan penganugrahan pada 31 Mei-1 Juni 2024 setelah melawati masa taklimat dan karantina sebelumnya. Pemenang akan dinobatkan sebagai duta bahasa yang akan mewakili Sumatera Utara dalam berbagai kegiatan promosi bahasa dan budaya di tingkat regional maupun nasional.

Duta Bahasa Sumatera Utara nantinya akan memiliki peran penting dalam kegiatan promosi budaya dan bahasa. Mereka akan terlibat dalam berbagai acara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberagaman bahasa dan budaya di Sumatera Utara. Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat identitas budaya dan bahasa daerah di tengah arus globalisasi.

Bagi yang berminat untuk menjadi bagian dari upaya pelestarian bahasa dan budaya Sumatera Utara dapat mengakses situs https://s.id/PildubasSumut2024 untuk mengakses informasi lebih lanjut.

Redaktur: Yuni Hikmah

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengangkat Tema ‘Saatnya Pemuda Kembali ke Fitrah’, BMI-C Sumut Sukses Adakan Acara Liqo’ Syawal Muslimah

redaksi

Gubernur Baru FT USU, Ini Visi Misi hingga Ambisi Azzam di Masa Pandemi

redaksi

Stop Perundungan, Salah Satu Terjadi di Kota Medan

redaksi