SUARA USU
Kabar SUMUT

Pengabdian Dosen FISIP USU : Ajarkan Teknik Publik Speaking

Reporter : Annisa Fadhilah

Suara USU, Medan. Dosen program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara mengadakan Program Pengabdian Masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para siswa melalui pelatihan public speaking kepada siswa SMA Al Washliyah 1 Medan pada Sabtu, (09/09).

“Pelatihan Keterampilan Komunikasi ini penting bagi para siswa  agar mereka mampu melakukan public speaking. Keterampilan dalam berkomunikasi juga membuat seseorang mampu menyampaikan gagasan/pikirannya dengan baik dan efektf” ucap Fatma Wardy Lubis selaku Ketua Tim Pengabdian.

Namun, kemampuan berbicara apalagi di hadapan orang banyak seperti public speaking tidaklah sesederhana yang dibayangkan, faktanya siswa SMA Al Wasliyah 1 Medan masih banyak yang merasa gugup, gemetar, panik, dan takut ketika berbicara di hadapan guru dan teman-temannya. Tim pengabdian ini terdiri dari: Moulita, S.Sos, MA, Munzaimah, M, S.Sos, M.I.Kom, Raras Sutatminingsih, S,Psi, M.Si, Iffah Imaro (Alumni). dan Shevilla Mayori (Alumni). Tim ini juga diikuti oleh mahasiswa yaitu Nur Nasution, Ayu Putri, Chintya Debora, Fikri Haikal, dan Daffa Fudail.

Mereka memaparkan 5 topik yang penting yakni terkait Pengetahuan komunikasi yang baik, The Power of Publik Speaking, Metode dan Langkah-Langkah dalam Publik Speaking, Persiapan Fisik dan Mental Pembicara serta praktik langsung Publik speaking. Sebanyak 60 Siswa, Guru dan Kepala Sekolah turut menyimak topik pembicaraan ini.

Selain itu, para peserta dan pihak sekolah yang berhadir dalam kegiatan tersebut mengikuti dengan antusias dan semangat yang luar biasa. Mereka merasa senang dan bersyukur karena telah terpilih sebagai lokasi tempat pelatihan keterampilan komunikasi. Hal itu di apresiasikan dalam bentuk terimakasih sebab mereka menyadari bahwa betapa pentingnya materi yang telah disampaikan bagi siswa bahkan guru sekalipun.

Bersamaan dengan hal tersebut, Ketua Tim Pengabdian Dra. Fatma Wardy Lubis, MA berharap setelah pelatihan ini para siswa mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif, mampu mengatasi rasa gugup, panik, dan takut ketika berbicara. “Selain itu, para siswa juga dituntut untuk mampu mengemukakan gagasan dan pikiran mereka dangan baik sehingga dapat berdiskusi dan memberikan argumen dengan tenang” ungkap Fatma Wardy.

Perlu diketahui bahwa kegiatan pengabdian ini berada dibawah naungan dan koordinasi Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana setiap dosen diwajibkan untuk melakukan pengabdian.

Redaktur : Taty Kristina 

 

Related posts

Analisis Digital Marketing & Referral Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Jasa Fotografi dan Videografi (Studi Kasus pada Fauve Imagine Medan)

redaksi

Harga dan Kelangkaan Jadi Penyebab Panic Buying Minyak Goreng

redaksi

“Pay Later” Sebagai Strategi Usaha UMKM Daun Cincau Desa Garunggang

redaksi