SUARA USU
Life Style

Penggunaan Make Up ke Kampus: Penting atau Tidak?

 

Penggunaan Make Up ke Kampus, Apakah Penting atau Tidak?

Sumber: Pinterest.com

Penulis: Rahma Vina

Make up atau dandan memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak kalangan wanita saat ini, tidak terkecuali untuk mahasiswi. Make up bagi sebagian wanita menjadi elemen penting untuk tampil lebih sempurna dan percaya diri. Termasuk dengan mahasiswi yang ingin terlihat cantik dan segar ketika ke kampus. Make up juga dianggap sebagai kosmetik pelengkap penampilan mahasiswi agar tidak terlihat pucat atau kumal di mata orang lain.

Namun, pentingkah penggunaan make up ke kampus tersebut? Pendapat tentang hal ini bisa berbeda-beda. Ada yang beranggapan, make up ke kampus sebenarnya adalah hal tidak terlalu penting. Pada dasarnya, tujuan utama mahasiswi ke kampus adalah menuntut ilmu, bukan sekedar berdandan. Di sisi lain, sebagian mahasiswi merasa penggunaan make up itu penting demi meningkatkan rasa percaya diri mereka saat berinteraksi dengan orang sekitar. Hal tersebut kemudian menjadi dilema tersendiri bagi para mahasiswi.

Lantas, apakah penggunakan make up ke kampus sama saja dengan membuang-buang waktu? Sebenarnya tidak juga. Bagi sebagian mahasiswi, aktivitas berdandan tetap membutuhkan waktu dan dipandang sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan. Bukan semata-mata pemborosan waktu. Make up bahkan bisa menjadi cara untuk sekadar memanjakan diri ditengah rutinitas perkuliahan yang padat.

Oleh karena itu, penggunaan make up sebenarnya tidak selalu identik dengan buang waktu selama dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan. Namun, yang perlu diperhatikan ialah jangan sampai kecanduan menggunakan make up sehingga menyita waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lebih penting dan produktif selama di kampus. Introspeksi diri dan pengaturan prioritas juga sangat diperlukan agar mahasiswi tidak terjebak ketergantungan berlebih pada make up.

Lantas apa saja sih alasan dibalik penggunaan make up pada mahasiswi tersebut? Ada beberapa motif yang mendorong mahasiswi kerap memakai make up saat ke kampus. Pertama, tentu saja untuk menutupi kekurangan dan memperlihatkan kecantikan serta keindahan diri kepada orang lain. Kedua, agar penampilan terlihat lebih rapi, percaya diri dan fresh. Ketiga, demi terlihat lebih menarik baik buat kenyamanan pribadi ataupun buat menarik lawan jenis. Keempat, mengikuti perkembangan tren make up masa kini agar tetap stylish.

Melihat berbagai alasan tersebut, sebenarnya wajar saja bila penggunaan make up di kalangan mahasiswi memang sudah sangat umum dilakukan. Penggunaan make up ke kampus pun tetap dapat dibenarkan selama tidak berlebihan atau menor. Mahasiswi tetap harus bisa fokus pada prioritas dan kewajiban utama mereka yaitu menuntut ilmu dan meraih prestasi akademik. Selama make up tidak mengganggu produktivitas tersebut, seharusnya penggunaannya tetap dalam batas yang wajar.

Intinya, tidak ada larangan umum untuk sekadar memakai make up ringan saat ke kampus. Toh, make up hanyalah sebagai pelengkap gaya, bukan hal utama yang perlu dibesar-besarkan masalahnya. Lantaran, menggunakan make up juga tidak sepenuhnya berpengaruh dengan nilai kita di kampus, bukan?

 

Redaktur: Khaira Nazira


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Trend Mode Face Shield, Amankah?

redaksi

Pasang Galon Menjadi Basic Life Skills?

redaksi

Punya Banyak Manfaat, Jadi Morning Person Itu Menyenangkan Lho!

redaksi