Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar SUMUT

Pentingnya Mempertahankan Keberlangsungan Usaha Melalui Strategi Pemasaran di Mata Mahasiswa USU

Mini riset yang dilakukan oleh Mahasiswa/i Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara dengan Dosen Pengampu mata kuliah Strategi Kebijakan dan Pemasaran, yaitu  Bapak Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si,.

Seperti yang kita ketahui saat ini, Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini sangat berdampak besar dalam keberlangsungan bisnis, terutama UMKM. Untuk tetap berjalan dan bertahan ditengah Pandemi, tentunya setiap usaha bisnis harus memiliki strategi dalam mempertahankan pelanggan dan menciptakan penjualan.

Tidak mudah memang untuk mempertahankan pelanggan di tengah pandemi COVID-19. Namun, sebagai pelaku bisnis hendaknya para pengusaha dapat senantiasa menyusun strategi dalam pemasarannya. Seperti dengan selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan, menggunakan promosi yang tepat, menggunakan metode pemasaran yang kreatif, mengelola keuangan dengan baik dan lain sebagainya.

Di mata para mahasiswa, khususnya mahasiswa USU strategi pemasaran sangatlah memiliki peranan penting dalam mempertahankan keberlangsungan usaha. Karena dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat  dalam sebuah usaha akan mempermudah para pebisnis dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Seperti wawancara yang sudah kami lakukan pada sebuah UMKM, yaitu Perusahaan Konveksi Ers Store yang berada di Jl. Pusat Pasar, Central Pasar Medan Mall Lt 1 Blok 3 No 24. Di mana perusahaan tersebut berpedoman dengan strategi pemasaran, yakni selalu mementingkan kepuasan pelanggan dengan cara memastikan produk dagangannya sampai dengan baik di tangan para pelanggan.

Mempertahankan keberlangsungan usaha melalui strategi pemasaran yang tepat ialah salah satu kunci kesuksesan bagi setiap pebisnis ataupun pengelola usaha. Oleh karena itu, strategi pemasaran sangatlah penting peranannya di dalam mempertahankan keberlangsungan usaha di dalam segala kondisi.

Tim Penulis:

  1. Yuli Afnida Manurung             170907002
  2. Agung Pranata                         170907015
  3. Dina Hariati                               170907018
  4. Monik                                         170907019
  5. Dwi Hardi                                   170907086
  6. Muthia Amalya Lubis               170907135

Related posts

Sehari Menjadi Petualang di Pelaruga

redaksi

Mahkamah Agung Gelar Rapat Penyusunan Laporan Tahunan Puslitbang Kumdil

redaksi

Pengaruh Strategi Pemasaran “Marketing Mix” Terhadap UMKM Tahu Walik

redaksi