SUARA USU
Musik

Pesawat Kertas 365 Hari: Menggambarkan Sebuah Impian yang Diilustrasikan Melalui Pesawat Kertas

Oleh : Amanda Amelia

Suara USU, Medan. Bagi pengguna tiktok mungkin tak asing lagi dengan lagu Perahu Kertas 365 Hari oleh JKT 48. Lagu Pesawat Kertas 365 Hari sebenarnya adalah terjemahan dari lagu 365 Nichi no Kamihikouki yang dinyanyikan oleh AKB48 yang dirilis pada 23 Maret 2016 namun untuk versi bahasa indonesianya oleh JKT48 dirilis pada 13 Mei 2020 oleh JKT48

Hidup bagaikan pesawat kertas
Terbang dan pergi membawa impian
Sekuat tenaga dengan hembusan angin
Terus melaju terbang

Penggalan lirik yang paling iconic dari lagu ini adalah hidup bagaikan pesawat kertas. Penggalan lirik ini menceritakan sebuah kisah tentang perjalanan hidup ‘kita’ selama satu tahun yang sesuai dengan judulnya dengan mengangkat sisi kehidupan dari para personil. Lagu ini juga menceritakan kisah impian seseorang yang digambarkan melalui pesawat kertas yang melewati berbagai jalan penuh tantangan.

Jangan bandingkan jarak terbangnya
Tapi bagaimana dan apa yang dilalui
Karena itulah satu hal yg penting
S’lalu sesuai kata hati
Sanbyaku rokujugo nichi

Penggalan lirik diatas menyiratkan makna bahwa kita tidak perlu membandingkan kehidupan orang lain, ketika harus tumbuh dan berkembang. Kita harus menyadari bahwa seseorang harus tetap menjalani hidupnya, melewati tantangan yang ada dihadapannya tanpa membandingkan dirinya dengan orang lain. Bisa jadi orang lain akan lebih sukses, atau siap, tetapi lagu ini menceritakan semangat dan self reminder untuk pendengarnya.

Walau tak tahu cara melipatnya
Suatu saat pasti akan berhasil lalu terbang
Kekuatan harapan yang menerbangkannya
Ya mari nikmatilah
Sanbyaku rokujugo nichi

Penggalan lagu tersebut mengjarkan bahwa meski tentu tak jarang dalam perjalanan meraih impian, manusia akan terlena dengan perasaan ingin menyerah. Namun melalui lagu ini, JKT48 ingin mengingatkan para penggemarnya tentang apa yang telah dilalui dan dikorbankan selama ‘berjalan’ meraih impian agar bisa kembali mengobarkan rasa semangat.

Lewat lagu ini, para pendengar akan tersadarkan bahwa dengan berbagai cara yang kita lakukan atau harus ditempuh untuk meraih cita-cita, kita harus yakin suatu saat kita akan berhasil layaknya pesawat kertas yang berhasil terbang.

Redaktur : Valeshia Trevana

Related posts

Tawa dan Tangis Perjuangan Dalam Lagu Mengejar Matahari

redaksi

Lagu Lara, Ketika Cinta Sendiri

redaksi

Seperti Takdir Kita yang Tulis: Tak Semua Angan Harus Kau Raih

redaksi