SUARA USU
Buku

Rasa Lewat Kata: Kisah Relate Kehidupan dalam ‘Nonversation’ Karya Valerie Patkar

Penulis: Tania A. Putri

Suara USU, Medan. Nonversation merupakan novel karya penulis muda berbakat, Valerie Patkar, yang terbit pada Januari 2019 silam. Novel dengan total 384 halaman ini merupakan adaptasi dari cerita yang dipublikasikan di platform membaca online Wattpad dengan judul yang sama dan telah dibaca sebanyak 3,2 juta kali.

Teman, katanya. Cinta, rasanya. Pupus, akhirnya.

Kalimat tersebut seakan mewakili keseluruhan isi buku. Memang benar, bahwa secara garis besar cerita ini membahas hal klise sebatas hubungan ‘friendzone’ antara sepasang sahabat atau perasaan jatuh cinta sepihak yang tak berbalas. Namun, apabila ditilik lebih lanjut akan ada banyak sekali perspektif yang dapat kita temukan di dalamnya. Entah itu mengenai arti dari sebuah presensi, penghargaan atas usaha sederhana seseorang, atau bahkan perjalanan dalam merayakan sebuah kehilangan.

Loving without being loved is not love. It’s a sacrifice.

Berlatar kehidupan pada masa perkuliahan dengan mengangkat konflik yang tak jauh dari masalah pertemanan, keluarga, dan perdebatan batin perkara cinta, Nonversation bercerita mengenai kesederhanaan yang bisa meninggalkan begitu banyak kesan. Lewat buku ini, kita akan dihadapkan dengan karakter setiap tokoh yang sangat relate dengan kehidupan. Bagaimana kita memiliki keinginan, namun kehilangan kesempatan. Bagaimana kita yang selalu mendengarkan kadang kala diam-diam juga butuh didengarkan. Dan bagaimana kehadiran seseorang memiliki arti yang lebih penting dari sekedar kata ‘bersama’ dan ‘selamanya’.

Salah satu kelebihan dari buku ini adalah gaya penulisannya yang ringan, namun tetap puitis dan penuh makna walaupun terselip sumpah serapah yang turut meramaikan isi cerita. Tidak ada kebosanan saat membacanya karena ada begitu banyak lelucon jenaka yang terselip, di samping rentetan pesan moral yang akan membekas dalam hati dan ingatan.

Nonversation menjadi salah satu pilihan untuk meramaikan waktu senggang. Cerita ini masih tersedia di platform Wattpad. Apabila sobat Suara USU tertarik untuk membacanya, kalian dapat mengunjungi profil dengan nama pengguna Valerie Patkar. Selamat membaca!

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Ting!: Kehilangan Arah Bukan Akhir dari Segalanya

redaksi

Rahasia Hidup Panjang Umur dan Bahagia Penduduk Okinawa Jepang: “How To Live A Purposeful Life”

redaksi

Seandainya Aku Bisa Menanam Angin

redaksi