SUARA USU
Entertaiment Kuliner

Rucuh Tape: Hidangan Lezat yang Mudah Dibuat Sendiri

Penulis: Grace Angel

Halo sobat Suara USU, apakah kamu pernah mendengar tentang rucuh tape? Mungkin kata “rucuh” masih tampak asing untuk didengar.  Kata “rucuh” berarti “wedang” sehingga rucuh tape dapat diartikan sebagai tape singkong yang disajikan dalam bentuk minuman.

Sebagai tambahan, kuliner ini juga dapat dicampurkan dengan santan, air kelapa, susu putih, gula aren atau bahkan beberapa jenis buah sesuai dengan selera penikmatnya. Meskipun tape tergolong kedalam jenis makanan, namun rucuh tape berbentuk sebaliknya. Rucuh tape ini banyak berkembang di daerah Jawa Tengah.

Proses pembuatan rucuh tape ternyata sangatlah mudah. Pertama, kita didihkan air panas yang sudah larut dengan gula putih. Setelah itu, masukkan tape singkong beserta campuran (santan/air kelapa/gula aren/susu putih, dll.) sesuai dengan selera. Bahan tersebut diaduk-aduk hingga merata. Jika air rucuh sudah mendidih maka rucuh tape sudah siap dihidangkan. Rucuh tape nikmat diminum selagi hangat, segar pula diminum bersama dengan es.

Dengan mengonsumsi rucuh tape maka perut akan terasa hangat. Meski demikian, beberapa penikmat rucuh tape sengaja menambahkan perasan air jahe agar sensasi hangatnya lebih terasa.

Redaktur: Grace Silva


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kebab Durian Jon, Cara Baru dan Praktis Makan Durian

redaksi

Mengulik Sejarah, Jenis, Hingga Resep Sate Padang

redaksi

Mie Tarempa, Kuliner Khas Kepulauan Riau yang Menggugah Selera

redaksi