SUARA USU
Life Style

Beberapa Pekerjaan Part Time yang Cocok Untuk Mahasiswa

Oleh : Sinta Alfila

Suara USU, Medan. Sebagian mahasiswa pasti pernah berpikir untuk mencoba bekerja sambil kuliah. Selain dapat menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan serta sedikit menambah uang jajan, bekerja juga dapat menambah pengalaman kita di luar dunia perkuliahan. Tetapi, sebagai mahasiswa kita tentunya sangat disibukkan dengan segala kegiatan perkuliahan yang sangat padat. Mulai dari tugas kuliah hingga berbagai kegiatan kampus yang membuat kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk melakukan pekerjaan di luar jam perkuliahan.

Salah satu solusi yang dapat mahasiswa ambil adalah mencoba kerja paruh waktu atau part time job. Pekerjaan paruh waktu biasanya terdiri dari beberapa shift per-harinya. Dengan sistem shift yang hanya memakai setengah dari jam kerja full time, kamu bisa mencoba menyesuaikan dengan jam perkuliahan.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan part time yang bisa kamu coba saat ini. Beberapa diantaranya mungkin cocok dan pas untuk sobat Suara USU coba, yaitu:

Barista

Barista adalah salah satu pekerjaan yang paling digemari oleh mahasiswa. Sebagian mahasiswa tak jarang memilih pekerjaan paruh waktu ini untuk dilakukan. Biasanya seorang barista menyiapkan pesanan minuman atau makanan untuk pelanggan. Untuk part time-nya sendiri seorang barista biasa masuk mulai dari jam 4 sore sampai 9 malam tergantung dari coffee shop tempat yang sobat Suara USU pilih untuk bekerja.

Guru les privat

Bagi sobat Suara USU yang memiliki kelebihan di bidang akademik dan tertarik untuk mengajar, mungkin menjadi guru les privat bisa menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan. Selain pekerjaan yang tidak full time, menjadi guru les juga terasa sangat nyaman karena biasanya dilakukan di rumah. Untuk part time sendiri, biasanya dapat di sesuaikan dengan jam dan waktu yang pas untuk mengajar.

Content writer

Menjadi seorang content writer atau penulis artikel memang sangat di minati oleh sebagian orang. Berbekal kemampuan handal dalam menulis dengan wawasan yang luas, menjadi content writer merupakan alternatif yang tepat untuk sobat Suara USU yang hanya ingin bekerja tanpa tenaga. Ada banyak lowongan content writer di sosial media, untuk waktu kerjanya sendiri biasanya mengikuti kebijakan perusahaan tempat kamu bekerja. Pekerjaan ini memang sangat dibutuhkan karena semakin banyak media yang terus berkembang dan tentunya membutuhkan lebih banyak penulis untuk menulis artikel setiap harinya.

WO (Wedding Organizer)

Pekerjaan part time selanjutnya adalah bekerja sebagai wedding organizer. Walau pekerjaan ini jarang sekali terdengar dikalangan mahasiswa, tapi sobat Suara USU bisa mencobanya untuk menambah pengalaman dalam mengkoordinir sebuah acara bersama team. Biasanya pekerjaan yang dilakukan seorang WO adalah mempersiapkan suatu acara dari mulai berlangsung hingga selesai. Untuk waktu part time-nya tergantung pada acara yang dilaksanakan.

Ilustrator atau desainer

Bagi sobat Suara USU yang memiliki hobi dan kemampuan dalam mendesain, pekerjaan satu ini mungkin cocok untuk kamu. Pekerjaan yang dilakukan juga tidak akan terlalu banyak menyita banyak waktu, karena biasanya mengikuti permintaan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan dan mencari seorang desainer atau ilustrator. Jika tertarik, sobat Suara USU dapat mencari informasinya lebih lanjut di berbagai website dan sosial media.

Itulah beberapa pilihan pekerjaan part time yang bisa sobat Suara USU coba sebagai referensi. Tapi, harus diingat bahwa yang terpenting ialah sobat Suara USU dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu yang sobat Suara USU miliki. Jangan sampai sobat Suara USU melupakan hal yang menjadi prioritas kalian yaitu kuliah.

Redaktur : Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Waspada Academic Burnout!

redaksi

Forest Gump, Keterbatasan Bukan Hambatan Berprestasi

redaksi

5 Penyakit Langganan Anak Kost dan Solusinya!

redaksi