SUARA USU
Film

Suzume no Tojimari, Menemukan Arti Hidup yang Sesungguhnya

Oleh: Theolia Parapat

Film “Suzume no Tojimari” yang lebih dikenal dengan judul “Suzume” adalah film petualangan fantasi animasi Jepang tahun 2022. Film ini merupakan karya terbaru dari Sutradara Makoto Shinkai dan hasil produksi CoMix Wave Films.

Film bertema bencana ini mengisahkan perjalanan sang tokoh utama, yaitu Suzume, dalam menemukan, menutup, dan mengunci sebuah pintu demi mencegah terjadinya bencana alam. Bencana tersebut seperti gempa bumi dan tsunami. Pengisi suara dalam film ini, yaitu Nanoka Hara, Hokuto Matsumura, Eri Fukatsu, Shota Sometani, Sairi Ito, dan Kotone Hanase.

Suzume, seorang gadis berusia 17 tahun, merupakan korban bencana alam yakni gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 11 Maret 2011. Bencana alam tersebut membuatnya kehilangan sosok ibu yang sangat amat dicintainya. Sebab itulah, Suzume memutuskan pindah dari kampung halamannya dan hidup bersama tantenya bernama Tamaki.

Suzume yang memiliki trauma masa kecil akibat bencana alam akhirnya bisa teratasi setelah ia berpetualang bersama Souta dan mengunci berbagai pintu yang menyebabkan terjadinya gempa dan tsunami. Hal tersebut membuatnya menolong banyak orang agar tidak kehilangan orang-orang yang dicintai, sepertinya. Cara Suzume mengatasi trauma adalah dengan menerima, menghadapi, lalu bangkit dengan menjalani kehidupannya yang baik.

Dengan kehadiran karakter yang berbeda-beda dan beragam kisah di dalamnya, seperti tante Suzume yang overprotective, teman-teman, dan orang-orang yang membantu Suzume, ini membuat perjalanan Suzume dengan Souta akhirnya berbuah manis. Suzume kini memahami bahwa hidup sangat berarti bagi setiap orang walaupun alasannya sangat sederhana, seperti berkumpul bersama keluarga, makan bersama, bertemu teman-teman di sekolah, ataupun pergi ke taman hiburan.

Penasaran dengan ceritanya? film ini dapat ditonton di bioskop kesayangan Anda dan sudah tayang sejak 8 Maret 2023 lalu. Film ini memiliki visual yang memukau dan membuat banyak penonton merasa emosional, mulai dari tertawa hingga ikut menangis bersama.

Redaktur: Atika Larasati


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Indigo: What Do You See, Sajikan Ketegangan dan Teror Maksimal

redaksi

Tentang Kekuatan dan Potensi Siswa dalam Film “The Gifted” dan “The Gifted : Graduation”

redaksi

Wonder: Menampilkan Keindahan dalam Perbedaan

redaksi