SUARA USU
Kabar Kampus

Tampung 37.169 Peserta, USU Buka Lokasi  UTBK di Nias

Reporter: Fathan  Mubina/ Muhammad Akram

Suara USU, Medan. USU kembali menjadi tempat untuk melaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada tahun 2024. Sebanyak 15 Fakultas di Universitas Sumatera Utara menjadi tempat berlangsungnya UTBK.

Total keseluruhan peserta UTBK di USU sebanyak 37.169 peserta yang dibagi menjadi dua tempat pelaksanaan yaitu di USU sendiri dan di Nias, yakni SMA Negeri 1 Gunungsitoli dan SMK Negeri 1 Teluk Dalam.  “jumlah total seluruhnya itu terbagi atas yang ujian di USU, dan ada ujian di Nias, jadi sekarang kita buka ibaratnya itu sub panlok di Nias yang diperuntukkan bagi putra putri di Nias tidak perlu lagi ke Medan. Total USU dengan Nias adalah 37.169,” kata Ikhsan selaku Direktur Direktorat Pengembangan Pendidikan.

Persiapan yang dilakukan oleh USU untuk menunjang UTBK tahun ini sama dengan persiapan UTBK tahun lalu yaitu komputer dan jaringan internet yang menjadi persiapan utama. “Persiapan UTBK USU tahun ini seperti sarana dan prasarana komputer,” lanjut Ikhsan.

Sebagai langkah antisipasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi telah melakukan langkah preventif dalam pelaksanaan UTBK ini dengan cara mengirimkan surat kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) pusat dan USU sendiri secara khusus telah mengirimkan surat kepada PLN Medan untuk bersiap-siaga dan tidak melakukan pemadaman bergilir selama UTBK berlangsung. “Panitia pusat di Kementerian juga itu sudah mengirim surat ke PLN pusat disertai juga USU secara khusus menyurati PLN untuk mohon kiranya dilakukan penjagaan, tidak ada pemadaman bergilir selama UTBK berlangsung,” jelas Ikhsan.

Selain menyurati PLN, USU meyiapkan rencana darurat lain yaitu dengan menyiapkan genset di setiap lokasi termasuk pelaksanaan UTBK di Nias. “Kita juga sudah menyiapkan genset di semua lokasi, termasuk di lokasi Nias juga kita perhatikan gensetnya untuk pelaksanaan UTBK,” tambah Ikhsan.

USU saat ini dianggap sebagai tempat yang mandiri untuk melaksanakan UTBK oleh kementerian pendidikan, hal ini disebabkan USU tidak lagi memerlukan mitra dalam pelaksanaan UTBK seperti pada UTBK tahun-tahun sebelumnya. Sejak 2018, yaitu pada UTBK pertama kali dilaksanakan di Indonesia, USU merupakan salah satu universitas yang juga memfasislitasi jalannya UTBK. “USU pertama kali melaksanakan UTBK sejak pertama kali dilakukan UTBK di Indonesia. Waktu ujian tulis 2017, saat itu dilaksanakan uji coba,” tutup Ikhsan.

Redaktur: Feby Simarmata


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

FASILKOM-TI Kukuhkan Khairul Imam Jadi Mahasiswa Berprestasi Utama di Kontestasi PILMAPRES

redaksi

Ibarat Kapal Besar, Bahtera Karya FK USU Siap Sukseskan Satu Periode kedepan

redaksi

Menyoal Aksi Tunggal Mahasiswa USU dalam Kuliah Umum Ganjar Pranowo

redaksi