SUARA USU
Kuliner

Kue Goreng Gadong, Makanan Khas Batak

Sumber foto: pinterest.com

Oleh: Deva J G Simanjuntak

Suara USU, Medan. Kudapan khas Samosir merupakan bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner tradisional yang kaya di sekitar Danau Toba. Wilayah ini tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga karena keberagaman kulinernya yang menggiurkan.

Salah satu kudapan khas Samosir adalah kue Goreng Gadong, yang merupakan bagian dari warisan kuliner tradisional di sekitar Danau Toba. Kue ini tidak hanya lezat tetapi juga mewakili bagian dari budaya dan tradisi Batak. Meskipun bisa jadi sulit untuk menemukannya, kue ini memiliki daya tahan yang lama dan bahkan dijadikan oleh-oleh oleh beberapa perusahaan di wilayah Batak.

Kue Goreng Gadong terbuat dari campuran tepung beras, parutan kelapa, dan gula aren atau gula merah. Kue ini memiliki cita rasa unik dan tekstur renyah karena proses memasaknya yang digoreng. Keberadaan kue ini tidak hanya terbatas pada kegiatan sehari-hari, tetapi juga sering dijumpai dalam berbagai acara adat Batak, seperti partangiangan, tardidi, maresek-esek, malua, dan arisan keluarga.

Bahan dasar dari Kue Goreng Gadong hampir serupa dengan lampet, namun proses memasaknya yang digoreng memberikan cita rasa khas dan tekstur renyah pada kulitnya. Jika Sobat Suara USU tertarik untuk mencicipi kue ini, selain dapat ditemukan di pasar tradisional, Sobat Suara USU juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan dasarnya mudah ditemukan di pasar dan cara pembuatannya juga relatif sederhana. Anda dapat menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.

Bahan-bahan :

  • 1 kg ubi kayu
  • 1/4 kg Gula merah
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Rendam ubi kayu yang telah diparut, kemudian saring menggunakan kain halus atau saringan tepung. Biarkan endapan tepung mengendap selama sekitar 5 menit, lalu buang airnya dan tambahkan pati ke dalam parutan ubi.
  2. Kemudian, tambahkan garam sesuai selera, ratakan dengan tangan, dan masukkan irisan gula merah ke dalam adonan, lalu bentuk bulat.
  3. Langkah terakhir, goreng adonan dengan api sedang hingga berwarna kecokelatan, kemudian angkat. Setelah itu, kue gadong siap untuk disajikan.

Selamat mencobat Sobat Suara USU!

Redaktur: Feby Simarmata

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bika Ambon Mojopahit!

redaksi

Rucuh Tape: Hidangan Lezat yang Mudah Dibuat Sendiri

redaksi

Kue vs Keripik, Manakah yang Lebih Menarik?

redaksi