SUARA USU
Kuliner

Mie Tarempa, Kuliner Khas Kepulauan Riau yang Menggugah Selera

Oleh: Khalda Mahirah/Duwi Cahya

Suara USU, Medan. Mie Tarempa merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal khususnya bagi masyarakat di daerah Kepulauan Riau. Sesuai dengan namanya, kuliner ini berasal  dari masyarakat Tarempa, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Memiliki cita rasa yang berbeda dibanding mie pada umumnya, kuliner ini banyak disukai oleh masyarakat terutama bagi kalangan pecinta mie.

Ciri khas dari mie tarempa adalah bentuk nya yang pipih dan berwarna kuning. Adanya perpaduan rasa asam dan manis yang pas juga membuat siapapun yang mecoba mie ini akan merasa ketagihan. Rasa tersebut berasal dari cabai dan gurihnya ikan tongkol. Mie tarempa umumnya disajikan dengan suwiran ikan tongkol yang sudah dimasak berbumbu bersama kecambah dan telur orak-arik serta dilengkapi dengan acar hijau.

Terdapat 2 macam variasi dari mie ini, yaitu kering dan basah. Pada dasarnya mie tarempa yang autentik adalah varian yang kering, karena penambahan kuah hanya untuk variasi rasa dan tekstur saja. Dari segi rasa antara mie tarempa kering dan basah tidak banyak berbeda satu sama lain, tergantung selera tiap pengunjung ingin menikmati mie tarempa yang seperti apa.

Di samping itu, topping mie-nya pun kini sudah bervariasi. Pada awalnya, mie tarempa hanya menggunakan potongan ikan tongkol. Namun, sekarang banyak pembuat mie tarempa yang juga menambahkan topping seafood atau daging sapi sehingga rasanya lebih enak dan tidak membuat pelanggan bosan.

Mie tarempa tidak hanya berpusat di daerah Anambas saja, tetapi di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kepulauan Riau terutama Batam dan Tanjung Pinang. Mie ini sudah banyak dijual di kedai makanan atau kopitiam sejak tahun 2009. Banyak pengunjung dan wisatawan yang tertarik untuk mencoba kuliner ini ketika berkunjung ke Kota Batam dan Tanjung Pinang.

Dari segi harga, mie tarempa termasuk kuliner yang murah meriah karena satu porsinya hanya berkisar Rp15.000 – Rp20.000. Lezat, gurih, dan murah menjadi alasan mengapa mie khas Melayu ini cocok dijadikan sebagai salah satu kuliner yang wajib dicoba bila berkunjung ke Kepulauan Riau. Cobain, yuk!

Redaktur: Yohana Situmorang

Related posts

5 Rekomendasi Jenis Sambel Cocok Untuk Pelengkap Makan

redaksi

Makanan Sehat Ala Anak Kos Murah Meriah

redaksi

Bingung Pilih Menu Danusan? Berikut 7 Rekomendasi Makanan yang Wajib Kamu Coba!

redaksi