SUARA USU
Kabar Kampus Opini

Pekan Seni Mahasiswa Universitas Sumatera Utara 2024 

Reporter: Tamia Sakinah Adjani

Suara USU, Medan. Pernahkah kamu merasa memiliki bakat tapi bingung bagaimana mengembangkannya? Bahkan tingkat kepercayaan diri yang naik turun sering membuat kita ragu untuk meningkatkan potensi diri. Untungnya, Pekan Seni Mahasiswa USU hadir untuk membantu Anda mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni.

Peksima USU merupakan ajang kompetisi seni tingkat internal Universitas Sumatera Utara. Para pemenang dari setiap kategori akan maju ke Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) selajutnya jika menang pada tingkat daerah akan di daftarkan menjadi delegasi Pekan Seni Mahasiswa Naional (Peksiminas) Tahun 2024. Peksimas mencakup berbagai lomba seperti dangdut, seriosa, keroncong, pop, vocal group, baca puisi, penulisan puisi, monolog, cerpen, lakon, desain poster, lukis, komik strip, dan fotografi. Pendaftaran dimulai dari 30 April hingga 7 Mei 2024, dilanjutkan dengan audisi pada 15 hingga 16 Mei 2024, dan pengumuman pemenang pada 17 Mei 2024.

Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) adalah program berkelanjutan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan praktis mereka dalam berbagai bidang seni, termasuk seni suara, seni pertunjukan, seni sastra, dan seni rupa. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dan pencapaian mereka dalam seni, yang pada gilirannya akan memperkaya budaya Indonesia yang berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Peksiminas diselenggarakan oleh BPTI, sebuah unit teknis di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertanggung jawab atas pengembangan bakat peserta didik dan bekerja di bawah Kepala Pusat Prestasi Nasional.

Peksiminas XVII tahun 2024 direncanakan akan menyelenggarakan 16 cabang lomba yang berbeda. Setiap cabang lomba akan dinilai oleh 3 juri, yang terdiri dari kombinasi akademisi dari perguruan tinggi dan profesional di bidang tersebut. Pelaksanaan acara ini akan ditangani oleh BPSMI Provinsi, berdasarkan hasil Rakernas Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) tahun 2022, dan akan diikuti oleh Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida).

Dengan mengusung tema “Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi,” acara ini menegaskan pentingnya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkembang secara bebas dan mandiri, serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan seni sebagai sarana inspirasi dan motivasi. Seni dianggap sebagai sumber inspirasi yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan dan kreativitas mereka, sekaligus menjadi sarana untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki.

Redaktur: Hanna Letare


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Perayaan Natal Keluarga Besar Departemen Teknik Kimia USU

redaksi

Berhasil Raih Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Se-Sumatera Utara, Cici kalahkan 43 Peserta

redaksi

Dies Natalis FEB USU Ke-60, Menteri BUMN Dorong Mahasiswa Tumbuhkan Ekonomi

redaksi