SUARA USU
Kabar Kampus

Telah Berdiri Selama 29 Tahun, UKMI Ad-Dakwah USU Laksanakan Pelantikan Pengurus Periode 2024/2025

Reporter : Muhammad Halim & Aditya Raihan

Suara USU, Medan. UKMI Ad-Dakwah USU adalah UKM kerohanian Islam tingkat universitas, wadah bagi mahasiswa muslim se-Universitas Sumatera Utara untuk mempererat ukhwah (persaudaraan) sesama mahasiswa muslim. UKMI Ad-Da’wah yang sudah beroperasi selama 29 tahun, pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 telah melakukan regenerasi kepemimpinan dan pengurusnya dengan melaksanakan pelantikan kepengurusan periode 2024/2025 di Aula Raja Inal Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Acara yang dimulai pada jam 10.00 pagi dibuka dengan penampilan alat musik biola yang dibawakan oleh mahasiswa USU. Kemudian, dibuka secara resmi oleh MC dan dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari perwakilan petinggi jajaran Universitas Sumatera Utara lalu ditutup dengan serah terima jabatan oleh pengurus lama kepada pengurus UKMI Ad-Dakwah yang baru.

Dalam pelantikan ini juga UKMI Ad-Dakwah turut mengundang alumni, UKM dan organisasi ekstra kampus lainnya. Dengan diundangnya semua pihak ini merupakan salah satu bentuk untuk menjalin hubungan relasi antara sesama UKM dan organisasi dengan UKMI Ad-Dakwah. Ini juga sesuai dengan tema acara pelantikan yaitu,  “Merajut Ukhwah Membangkitkan Kembali Semangat Dakwah”.

Arya Sitorus, selaku pimpinan UKMI Ad-Dakwah yang baru terpilih berharap bahwa kepengurusan dibawah kepemimpinannya akan berusaha untuk menaikkan giroh (semangat) dakwah para mahasiswa muslim USU dengan UKMI Ad-Dakwah sebagai promotornya. Arya juga mengatakan, bahwa orientasi mahasiswa muslim saat ini kuliah hanya sebatas itu-itu saja, tetapi melupakan eksistensinya sebagai seorang muslim yang perintahnya Amar Ma’ruf Nahi Munkar’. Kalimat ini rasanya sudah sangat asing bagi para muslim, yang artinya perintah dalam menegakkan yang benar dan melarang yang salah.

“Maka dengan bergantinya kepengurusan yang baru, kami berharap UKMI Ad-Dakwah akan terus meningkatkan kader-kader Islami yang peduli terhadap ajaran-Nya, jadi kuliah tidak hanya sebatas mengejar dunia saja, namun akhirat juga dapat,” ujar Arya.

Arya juga mengatakan bahwa ia sangat berharap kepengurusan UKMI Ad-Dakwah yang baru ini, para kadernya harus menjadi Da’iyyah bagi mahasiswa USU, dengan menyampaikan segala hal yang seharusnya seorang muslim lakukan melalui cara apapun, sekalipun itu harus menyampaikannya secara langsung.

“Kalau melihat permasalahan di kampus saat ini, kan ada ya kasus saat ini di USU masih hangat banget, kayak kenaikkan biaya UKT, terus mahasiswa teknik dan pertanian yang suka tawuran dan masih banyak lagi. Ini menjadi salah satu pr bagi kami untuk membantu membenahi itu semua, makanya kami juga mengambil tema acara ini, agar kami para kader ikut aktif berdakwah kepada para mahasiswa dan merangkul semua mahasiswa muslim khususnya agar lebih erat persaudaraannya. Maka kalau semua itu terlaksana tidak ada lagi perseteruan antar fakultas atau mahasiswa, dan masalah-masalah mahasiswa lainnya juga bisa kita selesaikan bersama-sama,” pungkas Arya.

Acara ini juga tidak hanya sekadar pelantikan saja, namun juga dilengkapi dengan talkshow islami sesuai tema acara. Dalam talkshow ini ada 2 pembicara sebagai narasumbernya yaitu, Anugrah Roby yang saat ini aktif sebagai penulis dan aktivis Forum Lingkar Pena (FLP) dan juga Muhammad Agus Salim Kaban selaku alumni USU yang saat ini menjadi ketua serikat kerja INALUM. Setelah talkshow selesai barulah acara ditutup dengan sesi foto bersama pengurus UKMI Ad-Dakwah yang baru dengan para tamu undangan.

Redaktur: Duwi Cahya


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

FKM USU Stambuk 2022 Adakan Pentas Seni dan Kebugaran sebagai Project Based Learning

redaksi

Eksistensi Duta Mahasiswa USU Di Masa Pandemi

redaksi

Lolos Pendanaan PHP2D, UKM Studi Pedesaan USU Kembangkan Kawasan Wisata Sungai Desa Ujung Teran!

redaksi