SUARA USU
Film

The Medium, Film Horror dengan Aftertaste Tak Terlupakan

Oleh: Angel Sisilia Pane

Suara USU, Medan.

“Seorang pria sekarat mengutuk keluarga ini. Pembalasan dewa pada keturunannya.”

The Medium rilis pada 20 Oktober 2021 di bioskop Indonesia, film horror bergayakan dokumenter ini  merupakan hasil kolaborasi dua sutradara ternama Thailand dan Korea Selatan yakni Banjong Pisanthanakun dan Na Hong-Jin yang diperankan oleh Narilya Gulmongkolpech sebagai pemeran utama.

Film ini sedang ramai dibicarakan di media sosial. Pasalnya netizen menilai film ini penuh ketidakjelasan alur dan sangat aneh, namun berhasil menciptakan suasana seram yang tak terlupakan. Dengan berdurasi 131 menit, The Medium seakan mengisahkan keyakinan dan kebudayaan masyarakat Thailand yang dipenuhi oleh hal – hal mistis.

Film ini dimulai dengan adegan wawancara dengan seorang dukun wanita bernama Nim yang dirasuki dan dijadikan medium oleh Dewa Bayan. Pewarisan medium dewa Bayan dilakukan secara turun menurun hingga seorang keponakannya mulai mengalami gejala yang sama sepertinya saat akan diwariskan menjadi dukun.

Keanehan dan berbagai kejadian mulai terjadi kepada keponakannya yang bernama Min, namun ibu Min menolak untuk menjadikan anaknya seorang dukun karena telah memeluk suatu agama dan kejadian menyeramkan terus berlanjut.

Pada akhirnya Nim menyadari bahwa yang terjadi kepada keponakannya itu bukanlah karena Bayan, melainkan perbuatan roh – roh jahat lain yang sangat kuat. Hal tersebut mengharuskan Nim melakukan ritual yang beresiko besar dan berakhir tragis.

Film ini mendapat penghargaan film terbaik di Penghargaan Bucheon Choice Features 2021 dalam acara Bucheon International Fantastic Film Festival, di Bucheon, Korea Selatan.

Sayangnya penonton mungkin akan merasakan sedikit pusing dikarenakan pengambilan gambar yang tidak stabil, terutama film ini bernuansa dokumenter. Namun, akting dari para pemeran terutama Narilya Gulmongkolpech patut diapresiasi karena berhasil mendalami peran dengan sangat baik. Para penonton juga akan dibuat kaget dengan jumpsacre yang ditampilkan dan plot twist cerita ini.

Saat ini The Medium mendapatkan rating 6.7/10 di website IMDb. Kamu tertarik untuk nonton film ini di bioskop? Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ya.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pendidikan dan Nilai Kemanusiaan dalam Drama Law School

redaksi

Diangkat dari Kisah Nyata Kasus Kehilangan Nyawa Pada Film Vina : Sebelum 7 Hari ?

redaksi

Bukan Tontonan Biasa, Serial Komedi “Di Bulan Suci Ini…” Mempersembahkan Pesan Toleransi

redaksi