SUARA USU
Musik

Lagu Selaras, Tentang Kehilangan dan Menemukan

Oleh : Renata Situmorang

“Selaras” merupakan sebuah lagu yang dirilis pada tahun 2020 oleh musisi tanah air yaitu Kunto Aji, Nadin Amizah, Baskara Putra, Iga Massardi, Sal Priadi dan Rendy Pandugo yang mengisahkan kehidupan mereka saat pandemi. Lagu ini becerita tentang rasa kehilangan ketika harus dihadapkan dengan situasi pilu dalam hidup.

Aku sudah hampir di ujung jalan

Upaya, tenaga, dan penghabisan

Yang sudah dan sedang diusahakan

Runtuh terbangun entah sampai kapan

Aku tergerak mencari jawaban

Aku berjalan mencari alasan

Langit yang membiru,hangat matahari

Berbisik padaku

Tolong beri kami waktu

Ini tentang merawat kehidupan

Penggalan lirik lagu ini mewakili beberapa dari kita yang mungkin kehilangan banyak hal di masa pandemi ini. Semua upaya dan tenaga sudah kita berikan habis-habisan untuk tetap bertahan. Kita kehilangan banyak hal akibat pandemi seperti penghasilan, kebebasan, kepercayaan hingga kehilangan semangat.

“Selaras” seperti kisah Nazin Amizah yang harus kehilangan orang-orang terdekatnya dimasa pandemi ini, Sal Priadi merasa kehilangan kebebasan, Rendy Pandugo harus menerima kehilangan akan tujuan kariernya hingga hilang semangat dan harapan Baskara Putra direnggut akibat ketidakpastian yang terus-menerus masih terjadi.

Namun ada sisi baik yang kita temukansaat kita merubah sudut pandang dan bersyukur dalam menangani hal ini. Lirik “ini tentang merawat kehidupan” sangat menyentuh, karena di balik kehilangan yang terjadi, kita menemukan hal yang tidak kalah bermakna.

Kita bisa

Selama masih ada

Rumah untuk pulang

Dan memulai segalanya

Dari penggalan itu, dapat kita tahu bahwa masa sulit membantu kita menemukan hal yang selama ini tersamarkan, bahkan terabaikan. Hubungan keluarga di rumah menjadi lebih hangat bahkan menjalani gaya hidup sehat, menemukan hobi baru dan menemukan potensi diri yang sebelumnya tak kita sadari. Di balik kisah kita kehilangan pasti ada hal baru yang kita temukan tentunya dengan mengubah sudut pandang dan bersyukur.

Pesan mendalam pada lagu “Selaras” berhasil menyentuh relung hati para penikmat musik. Bagaimana dengan kita sendiri? Apa hal baru yang kamu temui pada masa pandemi ini?

Yuk segera dengarkan lagu ini di platform musik yang kamu miliki sekarang!

Penyunting: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengenang Kembali Kejadian Berharga dalam Hidup Melalui Lagu Long Live

redaksi

Lihat, Dengar, Rasakan: Lagu Sejuta Makna Bagi Mereka yang Sedang Berjuang Di Tengah Keras Kehidupan

redaksi

TIL YOU’RE HOME – Rita Wilson, Sebastian Yatra

redaksi