SUARA USU
Kabar Kampus

Tingkatkan Percaya Diri Mahasiswa untuk Memasuki Dunia Kerja, Fakultas Vokasi Adakan Kuliah Umum

Reporter: Siti Annisa, Annisa Fadhillah

Suara USU, Medan. Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara mengadakan kuliah umum Persiapan Memasuki Dunia Kerja dan Industri pada Kamis (14/9) di Gelanggang Mahasiswa. Kuliah Umum yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis Vokasi yang pertama sekaligus pelepasan untuk mahasiswa stambuk 2020. Kegiatan tersebut menghadirkan Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Ir. Afriansyah Noor, M.Si., selaku pemateri.

Dalam sambutan Rektor USU, Muryanto Amin yang saat itu diwakilkan oleh Wakil Rektor IV USU, Opim Salim Sitompul menyampaikan bahwa dunia kerja tidak hanya apa yang diri sendiri ketahui tetapi juga tentang bagaimana diri sendiri berinteraksi dengan orang lain.

Ir. Afriansyah menyampaikan materi mengenai revolusi industri 4.0 yang memiliki 3 tantangan transformasi ketenagakerjaan, diantaranya skill transformasi, job transformasi dan society transformasi. Selanjutnya, urgensi untuk mengatasi kesenjangan keterampilan (Skill Gaps) yaitu upaya dalam mengkolaborasikan penuaan populasi peningkatan biaya untuk keterampilan Lifelong Learning, globalisasi menghargai high skilled worker, perubahan iklim tumbuhnya permintaan akan keterampilan untuk green jobs, dan digitalisasi mengubah cara belajar dan bekerja.

Ir. Afriansyah juga menampilkan data dari sumber Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukan struktur penduduk Indonesia bahwa usia produktif atau usia kerja di Indonesia di dominasi oleh kaum gen Z, milenial, dan gen X dan jumlahnya sekitar 76% dari total populasi Indonesia saat ini.

Kemudian, Beliau juga menambahkan bahwa presentase anak muda berusia 15-24 tahun, yang menarik diri dari pasar kerja, dan juga tidak sedang berada di dunia pendidikan maupun pelatihan. Cenderung meningkat, baik secara global maupun di Indonesia.

Bersamaan dengan hal tersebut, Ir. Afriansyah mengatakan bahwa kuliah umum ini adalah hal yang sangat penting. Khususnya bagi mahasiswa/i Fakultas Vokasi sendiri dalam meningkatkan keterampilan sehingga siap untuk lanjut bekerja di dunia profesional.

“Ini penting sekali, bukan hanya di USU saja tapi di seluruh kampus yang ada di Indonesia. Kebetulan juga Vokasi USU ini merupakan lembaga yang baru satu tahun berdiri, yang mana Vokasi ini tentunya sangat ditargetkan oleh pemerintah agar anak-anak ini mempunyai keterampilan sehingga mereka bisa langsung bekerja dan tidak menganggur. Nah, ini tugas negara juga harus memperhatikan bagaimana anak-anak kita semua mendapatkan keterampilan dan mereka langsung mendapatkan pekerjaan di dunia usaha dan dunia industri,” ungkapnya.

Ir. Afriansyah menyatakan bahwa USU memiliki nilai kompetensi yang tinggi, terlebih pada mahasiswa atau alumni tersebut yang banyak bekerja pada dunia usaha maupun dunia industri saat ini.

Beberapa peserta kegiatan kuliah umum ini juga mengaku sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan. Salah satunya Alexander Silitonga, mahasiswa program studi D-III Administrasi Perpajakan yang menyebutkan bahwa tips maupun langkah-langkah yang dipaparkan oleh pemateri merupakan hal yang sangat berguna bagi mahasiswa stambuk akhir yang nantinya ingin masuk kedalam dunia kerja.

Selain itu, Thesalonica yang merupakan mahasiswa program studi D-III statistika menyatakan bahwa kuliah umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi ini sudah cukup efisien dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Dikarenakan narasumber yang menyampaikan materinya dengan cukup luas dan tersampaikan dengan baik. Serta tepat pada point yang disampaikan.

Redaktur : Taty Kristina 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pupuk Kreativitas di Tengah Pandemi, PEMA FKM USU Adakan COVID

redaksi

Tolak PLT PEMA FEB, Aliansi Mahasiswa FEB Gelar Aksi

redaksi

Pembatasan Listrik Gedung Pancasila dan Permasalahan Izinnya

redaksi