SUARA USU
Kabar Kampus Sosok

Tips Produktif Ala Nur Rahmi Aqilia, Mahasiswi Universitas Sumatera Utara dengan Segudang Prestasi

Reporter: Riris Nababan

Suara USU, MEDAN. Nur Rahmi Aqilia merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir dari Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Sumatera Utara. Bukan sekedar seorang mahasiswa saja, Nur Rahmi Aqilia juga turut aktif dalam beragam organisasi juga dalam bidang pengabdian masyarakat.

Wanita yang akrab disapa Rahmi ini menekuni organisasi dan kegiatan dalam bidang pendidikan yang cukup banyak. Mulai dari menduduki Head of Education Division GenBI (Generasi Baru Indonesia) Komisariat Universitas Sumatera Utara yang sudah ia jalani dari tahun 2019, relawan di Rumah Cerdas Anak Perempuan Indonesia yang juga ia geluti sejak tahun 2018 sampai saat ini dan menjadi wajah baru dalam Program pengabdian  Kami Foundation. Dan yang terbaru, ia terpilih menjadi salah satu peserta dengan jalur pembiayaan penuh (Fully Funded) Volunteer Program Bakti Milenial ke Labuan Bajo.

Aktif di organisasi tidak membuatnya lupa dalam mengejar prestasi akademik. Terlihat jelas saat Rahmi terpilih menjadi penerima Beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2020-2021, 2nd Runner Up Duta Generasi Berencana Provinsi Sumatera Utara 2019, dan Child Ambassador of North Sumatera Province 2017.

Rahmi mempunyai saran agar aktif di organisasi tetapi tetap menjadi mahasiswa berprestasi. Menurutnya dimulai dengan menentukan skala prioritas untuk mengidentifikasi mana kegiatan yang lebih penting.

 Pasti banyak hal yang dikorbankan, tetapi juga pastinya ada hal lain yang lebih penting”, jelas Rahmi.

Adapun tips dan trik dari Rahmi agar menjadi mahasiswa berprestasi dan aktif di berbagai lingkungan organisasi, yakni:

1. Kenali minat dan bakat yang dimiliki
2. Temukan tempat yang tepat dan nyaman untuk membantu mengasah kemampuan, misalnya kegiatan-kegiatan pengabdian atau pengembangan diri lainnya.
3. Temukan orang-orang yang membuat nyaman dan mendukung semua cita-cita kita
4. Beranikan diri untuk mengikuti perlombaan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya
5. Jangan takut gagal dan kalah, karena hal itu akan memotivasi kita untuk sukses dan berhasil pada kesempatan berikutnya.

Melalui segudang prestasi dan penghargaan yang telah diraihnya itu, Rahmi juga menyampaikan sedikit pesan untuk semua anak muda, dan semua yang sedang berada di usia produktif saat ini agar terus menggali potensi yang ada pada diri sendiri.

Karena di masa mendatang kita akan menghadapi suatu masa ‘Bonus Demografi’ yang bisa menjadi keuntungan terbesar atau menjadi boomerang untuk anak muda saat ini.

“Rasa keresahan (insecure) itu memang harus ada dalam semua orang karena jika kamu ga punya keresahan lagi, berarti kamu gamau jadi lebih baik lagi”, tegas Rahmi di akhir wawancara.

Redaktur: Monika Krisna Br Manalu


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pema Psikolog adakan W(E)VOLVE

redaksi

Sosok Dibalik “Relung Yuwana” Yang Edukatif dan Inspiratif

redaksi

Mini Expo of Malaysian Tourism, Kenalkan Budaya Malaysia Pada Mahasiswa

redaksi