SUARA USU
Opini

Tolak Basa-Basi Politik! Jelang Pemilu Berita Non-Substansial Makin Merajalela

Penulis: Jerri Valdo Sihaloho

Suara USU, Medan. Memasuki masa persiapan pemilu, media mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan informasi yang akurat dan substantif kepada masyarakat. Namun, sayangnya kita sering menerima informasi yang didasarkan pada basa-basi politik dan bukan pada substansinya. Alih-alih memublikasikan informasi yang mengajak pembaca untuk mengkritik platform kandidat, media justru kerap membahas isu-isu politik kontroversial di jejaring sosial.

Berdasarkan minimnya informasi yang dikonsumsi masyarakat, kebisingan perbincangan pemilu semakin menjauh dari diskusi penting yang berguna untuk mengambil keputusan rasional. Menjelang pelaksanaan Pemilu tepatnya pada 14 Februari 2024, semakin banyak berita tidak berguna yang beredar dan menjadi konsumsi publik. Jika hal tersebut kerap diabaikan, maka kualitas perbincangan pada momen penting ini akan terus terperosok pada hal-hal sepele.

Bukti nyata dapat kita lihat pada kolom komentar beberapa akun media, yang mana terdapat banyak candaan di kalangan pendukung yang bertujuan untuk menjelek-jelekkan tokoh oposisi dan sebaliknya mengagung-agungkan tokoh pilihannya. Jadi kapan kita mulai menguji program pemimpin masa depan ini? Sebagai warga negara yang cerdas dan berpikiran kritis, kita harus menolak kata-kata hampa politik yang sering digunakan oleh para politisi untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari isu penting yang seharusnya kita semua pedulikan. Kita tidak boleh terjebak dalam drama politik yang tidak memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Media sebagai penjaga kebenaran dan keadilan mempunyai tanggung jawab moral untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada masyarakat benar-benar relevan dan bermanfaat. Kita memerlukan pelaporan yang mendalam, analitis, dan berimbang untuk membantu mengambil keputusan cerdas ketika memilih pemimpin.

Perlunya penegasan kembali terutama kepada pihak media untuk menjunjung tinggi integritas jurnalistik dengan menolak basa-basi politik dan fokus pada pemberitaan substantif. Masyarakat berhak atas informasi yang berkualitas dan seimbang untuk mendukung proses demokrasi yang sehat dan transparan.

Tolak basa-basi politik dan mari bersama-sama memperjuangkan kebenaran dan keadilan melalui media yang bertanggung jawab serta berintegritas. Mari bergerak maju menuju Indonesia yang lebih baik dan tumbuh secara berkualitas.

Redaktur: Duwi Cahya Aleida

Related posts

Penyangga Pangan Tatanan Negara Indonesia (Petani), Kok Dicibir?

redaksi

Langgar Peraturan Dulu, Jadi Duta Kemudian

redaksi

Keberadaan Pedagang Kaki Lima di Sekitar USU Mengganggu Arus Lalu Lintas dan Hak Pejalan Kaki, Adakah Solusi dari Pemerintah?

redaksi