SUARA USU
Kabar Kampus

UKM Studi Pedesaan Adakan Open Recruitment, Ini Harapan untuk Calon Anggota Baru

Oleh : Valeshia Trevana

Suara USU, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Studi Pedesaan membuka kesempatan bagi mahasiswa angkatan 2019 sampai angkatan 2021 untuk bergabung. Open recruitment dimulai dari administrasi yang dilakukan pada tanggal 23-30 September 2021, dilanjutkan dengan seleksi berkas pada tanggal 3 Oktober 2021, kemudian maju pada tahap terakhir, yaitu interview yang dilaksanakan pada tanggal 5-7 Oktober 2021.

Aulia Ramadhani menjelaskan adapun syarat mahasiswa untuk mendaftar di UKM Studi Pedesaan adalah wajib membuat essay dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Membangun Desa”. Dalam menulis essay ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, seperti jenis font harus times new roman dengan ukuran 14 pt, jumlah kata dalam essay berkisar 500-1200 kata, dan format nama “Nama Pendaftar_EssayUKM.SP”, dan yang terakhir file essay yang dikirim harus dalam bentuk PDF. Ia juga mengatakan bahwa kriteria penilaian essay adalah essay yang selaras dengan tema.

Mahasiswa jurusan Psikologi angkatan 2019 itu juga menambahkan selain membuat essay, wajib mengikuti Instagram resmi ukm studi pedesaan @officialspusu, mengirimkan foto dan data diri, serta mengikuti wawancara dan prosedur open recruitment sampai dengan selesai.

“Untuk yang mendaftar ada 187 orang, lulus berkas sebanyak 120 orang, dan untuk seleksi wawancara hingga final akan diambil 32 orang,” jelasnya.

Aulia juga menjelaskan bahwa UKM ini memiliki 4 divisi. Divisi yang pertama adalah Divisi Posdam (Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia). Divisi ini bertugas dalam bagian internal ukm, seperti mengatur open recruitment, famgath dan acara internal (Lingkar Diskusi Desa). Divisi yang kedua adalah Divisi Humas (Hubungan Masyarakat) yang bertugas menjalin hubungan dengan masyarakat atau organisasi luar, memegang akun instagram beserta membagikan info tentang ukm. Divisi yang ketiga adalah Divisi Litbang. Divisi ini berperan dalam mencari daerah atau terjun langsung ke desa yg bisa dibina untuk dibuat pengabdian dan berperan penting dalam pengabdian masyarakat. Yang terakhir adalah Divisi KWU (Kewirausahaan). Tugas dari Divisi KWU ini adalah berperan dalam membuat workshop tentang desa, mencari dana untuk ukm, dan mengajarkan tentang kewirausahaan. Aulia menegaskan bahwa semua divisi berperan dalam pengabdian masyarakat desa.

Aulia berharap calon anggota baru Studi Pedesaan memiliki loyalitas yang tinggi dan jiwa kemasyarakatan yang besar, “Saya berharap semoga calon anggota baru di ukm Studi Pedesaan memiliki jiwa kemasyarakatan yang besar, loyalitas yang tinggi, serta solidaritas. Selain itu, perilaku juga yang utama, harus memiliki jiwa simpati dan empati yg tinggi, sopan santun, serta bisa menghargai orang lain, karena saya rasa di ukm ini bukan tentang siapa orang tersebut tapi tentang bagaimana perilakunya,” tutupnya.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Menanti Perubahan, Majelis Permusyawaratan dan PEMA FISIP Sah Dilantik

redaksi

redaksi

USU Menjadi Tuan Rumah Munas ISMKMI Ke-18

redaksi