SUARA USU
Kabar Kampus

7.900 Maba USU Cetak Rekor MURI Nyanyikan Medley 8 Lagu Etnis Terbanyak di Dunia

Oleh: Lita Amalia/Yessica Irene

Suara USU, Medan. Pada Senin (05/09) bersama 7.900 mahasiswa baru yang hadir memenuhi Lapangan Stadion Mini USU, PKKMB USU 2022 berhasil mencetak rekor di tingkat dunia. Dengan mengangkat adat budaya Sumatera Utara, seluruh mahasiswa baru USU bersama nyanyikan delapan lagu etnis Sumatera Utara. Kedelapan lagu tersebut antara lain Endeng-Endeng dari Mandailing, Oh Sikacang Koro dari Karo, Selayang Pandang dari Melayu, Sinanggar Tulo dari Toba, Pos Ni Uhur Mai dari Simalungun, He Ono Alawe dari Nias, Tirismo dari Pakpak, dan Balun-Balun Bide dari Angkola Sipirok.

Dengan penuh euforia, para mahasiswa baru mengikuti nyanyian etnis daerah tersebut yang dipandu oleh salah satu mahasiswa. Bahkan saat di pertengahan lagu, seluruh mahasiswa serempak melambaikan tangan guna memeriahkan lantunan lagu delapan etnis tersebut.

Direktorat Kemahasiswaan dan Kealumnian Doli Muhammad Jafar Dalimunthe S.E., M.Si. menyampaikan bahwa alasan yang melatarbelakangi terpilihnya konsep tersebut disebabkan karena Universitas Sumatera Utara merupakan garda terdepan kampus mahasiswa di lingkup Sumatera.

“USU sebagai salah satu Universitas terbesar di Sumatera, haruslah menjadi garda terdepan untuk mengenalkan dan melestarikan local wisdom Sumatera. Makanya kita pilih etnis tadi, walaupun kita multietnis tapi dengan bernyanyi medley 8 etnis tadi menjadi perwakilan etnis di Sumatera Utara,” ungkap Doli.

Setelah para mahasiswa baru berhasil dengan ramai menyanyikan medley 8 etnis tersebut, perwakilan dari MURI Indonesia, Lutvi Syah Pradana selaku Customer Relations Manger menyerahkan Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia atas rekor bernyanyi medley 8 lagu etnik oleh mahasiswa baru terbanyak.

Redaktur : Azka Zere

Related posts

Mengenal Calon Ketua baru IMILKOM 2021

redaksi

Menilik Dapur Kerja Media Profesional, Suara USU Adakan Kunjungan Media ke detikSumut

redaksi

Tanggapi Isi Peraturan Pelaksana UU Cipta Kerja, FH USU Adakan Diskusi Online Terbuka

redaksi