Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Entertaiment

7 Bacaan yang Dapat Menemani Kalian Selama Di Rumah Aja

Penulis: Orsella Nuraina

Sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan sementara kegiatan di luar rumah. Banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan selama #dirumahaja. Salah satunya adalah dengan membaca.

Dengan membaca kita akan mendapatkan hal baru dan pengetahuan yang belum kita ketahui sebelumnya. Dengan membaca kita juga dapat menciptakan bahagia yang sederhana. Hal itu kita dapat dari membaca buku novel ataupun jenis bacaan lainnya. Nah, agar tidak bosan berikut 7 bacaan yang penulis rekomendasikan saat sedang #dirumahaja.

1. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa

Buku “Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa” dipenuhi dengan kutipan untuk kamu yang putus asa dan khawatir akan masa depan.

Buku ini mengajak kita untuk bersikap bodo amat terhadap standar kesuksesan yang diekspektasi media dan mulai mencari arti kebahagian menurut standar kita sendiri. Kita pasti akan menjadi sesuatu tanpa mengikuti kriteria umum.

Dari buku ini kita dapat menjadi seseorang yang sukses tanpa melihat standar kesuksesan yang telah ditetapkan masyarakat. Jadilah dirimu tanpa harus memikirkan standar yang ada, jika sudah seperti ini percayalah kau akan menemukan kesuksesanmu sendiri.

2. Kamu Gak Sendiri

Buku Best Seller berjudul “Kamu Gak Sendiri” mendorong kita untuk lebih jujur dalam menghadapi perasaan kita sehari-hari yang kecewa, lelah,  tidak tahu kapan harus beristirahat.

Di sini kita harus lebih jujur dengan diri kita karena kita akan membebani diri kita sendiri jika kita tidak jujur dengan apa yang kita rasakan. mulailah menerima dan jangan pernah merasa sendiri karena memang kita tidak sendiri.

Semua perasaan ini harus diterima dan diakui untuk dilepaskan. Takut dalam hidup ini itu wajar. Seperti apa kata judul buku ini, kamu gak sendirian dalam menghadapi beratnya masalah kehidupanmu.

3. Kamu Terlalu Banyak Bercanda

“Terlalu mudah kagumi terang. Coba, bila berani kenali gelapnya. ”Begitulah salah satu kutipan buku terlaris karangan Marchella FP.

Banyak kutipan lainnya dalam buku ini yang ditulis untuk para pembaca yang sedang berjuang melawan sisi gelapnya masing-masing.

Buku “Kamu Terlalu Banyak Bercanda” menjelajahi berbagai perasaan manusia yang jarang ditunjukkan, marah, sedih, kecewa, keraguan, dan takut.

Meski buku ini singkat. Kata-kata di dalamnya memiliki makna yang dalam dan menyentuh hati dan ini sangat cocok untuk menemani waktu kamu di rumah.

4. Atomic Habits

Buku ini membahas satu pertanyaan penting: Bagaimana cara kita hidup lebih baik? Kita tahu kebiasaan baik bisa memperbaiki tapi cara ini mudah untuk dilupakan.

Apa yang membuat beberapa kebiasaan lebih mudah untuk diikuti dibandingkan kebiasaan lainnya? Buku “Atomic Habits” dipenuhi dengan tips untuk memperbaiki diri sendiri berdasarkan ilmu-ilmu sains. Cara merubah hal-hal kecil yang memberikan hasil yang luar biasa.

“Buku ini mudah dimengerti dan sangat berguna. James Clear menjelaskan informasi paling mendasar dan penting untuk mengubah kebiasaan, sehingga kamu bisa fokus menyelesaikan lebih banyak dengan fokus akan hal-hal yang lebih sedikit.” – Mark Mason

5. Sebuah Seni Bersikap Bodoh Amat

Selama bertahun-tahun, seringkali kita diberitahu “Pikiran positif adalah kunci dari kebahagiaan dan kekayaan dalam hidup”.

Melalui Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Mark Manson berpikir sebaliknya dan mengajak kita untuk jujur terhadap diri sendiri. Manusia adalah makhluk yang sempurna. “Tidak semua orang bisa menjadi luar biasa, ada dari kita yang menang dan kalah.”

Hal ini tidak adil dan bukan salah kita. ”Banyak masalah yang tidak perlu kita pedulikan agar bisa fokus ke hal-hal yang lebih penting” kutipan dari buku.

Buku ini berbeda dengan buku lainnya. Jangan mencoba, menyerah, turunkan standar, berhenti mempercayai dirimu sendiri. Ikuti rasa sakit.

6. Mariposa

Untuk mencintai kamu, aku hanya butuh waktu satu detik.  Untuk mendapatkan cinta kamu? Aku butuh berapa juta detik? Ini kisah tentang Acha, memiliki nama panjang Natasha Kay Loovi. Gadis ajaib berparas cantik seperti bidadari.

Ini juga kisah tentang Iqbal. Jangan tanya nama panjangnya siapa, nanti kalian jatuh cinta. Pria berhati dingin dengan hidup monotonnya.

Bercerita tentang perjuangan Acha untuk mendapatkan cinta seorang Iqbal. Acha tidak pernah gentar meruntuhkan dingin dan kokohnya tembok pertahanan hati Iqbal yang belum pernah disinggahi perempuan mana pun.

Sebuah novel Best Seller karya Luluk HF yang telah dibaca 100 juta kali di Wattpad. Novel ini sangat menghibur dan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga cocok sekali menjadi bacaan kamu saat di rumah saja.

7. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

“Aku pernah belajar merelakanmu berkali-kali. Melepasmu pergi dengan cinta yang lain. Membiarkan kesempatan memilikimu hilang untukku. Sebab kamu berhak bahagia, meski sesungguhnya aku tidak bahagia dengan keputusan itu. Ketidak-beranianku mengikatmu memberi ruang bagi orang asing mendekatimu.”

Novel dengan judul “Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi” ini menceritakan seorang cowok yang bernama Kevin, Mahasiswa jurusan Fisika. Dia adalah cowok yang tampan namun sangat pendiam. Dia sangat berprestasi di bidang akademik.

Namun, dia tidak pernah mempunyai seorang kekasih dalam hidupnya bahkan dalam hidupnya dia hanya memiliki teman kecil yang bernama Nara. Nara adalah satu-satunya seorang cewek yang bisa berteman dengan Kevin. Mereka berteman sudah sejak sekolah dasar sampai mereka memutuskan untuk kuliah di satu kampus yang sama tetapi jurusannya berbeda. Nara mengambil jurusan Seni Sendratasik.

Nah, itu dia beberapa buku yang penulis rekomendasikan. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca dan wabah Covid-19 segera mereda sehingga kita semua bisa beraktifitas seperti biasa.

Redaktur Tulisan: Supri Alvin

Related posts

Stuck With You, Sebuah Dedikasi di Tengah Pandemi

redaksi

Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran

redaksi

Koboy Kampus dari The Panasdalam

redaksi