SUARA USU
Kabar Kampus

Ajak Mahasiswa Persiapkan Diri Untuk Mendaftar Beasiswa, Fakultas Pertanian Adakan Agriculture Talkshow

Oleh: Emma Amelia

Suara USU, Medan. Dinas Advokasi Mahasiswa dari PEMA Fakultas Pertanian USU mengadakan kegiatan “Agriculture Talkshow USU” dengan tema Startegi Beasiswa melalui zoom meeting, Sabtu (04/12). Tujuannya mengajak mahasiswa di lingkungan Fakultas Pertanian untuk mengetahui tata cara mengenal dan mempersiapkan diri untuk mengikuti dan mendapatkan suatu program beasiswa.

Talkshow yang berlangsung ini mengundang Fenny salah satu Mahasiswa Prodi Ilmu Teknologi Pangan USU sekaligus President of Tanoto Scholars Association, Medan 2021, selaku narasumber. Kegiatan ini dipandu oleh Suniwati Halawa selaku moderator dan dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Pertanian.

Fenny, penerima beasiswa TELADAN 2020, berbagi informasi mengenai beasiswa dari Tanoto Foundation, yaitu beasiswa TELADAN. Sesi materi diawali dengan Fenny menjelaskan sejarah Tanoto Foundation terlebih dahulu.

“Seperti teman-teman dapat lihat, disini aku menggaris bawahi ‘filantropi’. Ini yang membedakan beasiswa TELADAN dari beasiswa lainnya, dimana filantropi tidak meminta timbal balik. Berbeda dengan CSR yang diberikan perusahaan,”ungkap Fenny.

Dilanjutkan dengan pemaparan program apa saja di Tanoto, makna dari TELADAN, 9 karakter penting pemimpin masa depan, serta benefit beasiswa TELADAN.

“Yang kedua tuh, ada dukungan pengembangan kepemimpinan. Nah, disini, Fenny ada kasih tiga bintang. Kenapa? Ini dia yang membedakan beasiswa TELADAN dari beasiswa lainnya. Dimana disini akan mendapatkan program pengembangan kepemimpinan which include learn and lead. Gak hanya diajarin, tapi kita juga belajar untuk memimpin diri sendiri dan untuk memimpin orang lain,” jelas Fenny.

Program TELADAN memiliki dua kesempatan seleksi, seleksi reguler dan seleksi afrimasi. Seleksi reguler terbuka untuk mahasiswa baru dan sedang tidak menerima beasiswa lain atau mengikuti dukungan finansial dari lembaga lainnya.

Sedangkan, seleksi afirmasi dibuka teruntuk mahasiswa reguler aktif yang memiliki disabilitas, atau berasal dari daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), atau berasal dari keluarga pra-sejahtera. Selain itu, seleksi afirmasi membutuhkan surat rekomendasi dari perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation.

Tak lupa Fenny memaparkan tips and trick lolos program TELADAN, antara lain memastikan berkas yang dikirimkan sudah lengkap dan benar, mempersiapkan diri dan perangkat sebaik mungkin, menjawab semua pertanyaan asesmen, menulis essai dengan sejujurnya dan detail, serta tidak lupa untuk berdoa.

Setiap tahunnya, pendaftaran beasiswa TELADAN selalu ada dan terbuka. Untuk saat ini, beasiswa TELADAN seleksi reguler hanya terbuka untuk mahasiswa baru. Namun, tidak perlu khawatir bagi teman-teman yang bukan mahasiswa baru, masih ada kesempatan mengikuti seleksi afirmasi.

“Mau kasih semangat untuk semuanya, mungkin untuk abang-abang, kakak-kakak, adik-adik, ataupun temen-temen seangkatan, tetap semangat jalani kuliahnya, aktivitasnya, organisasinya. Dan, kalau bisa temen-temen yang lagi ingin mencoba beasiswa, jangan patah semangat, kalau tidak diterima di salah satu beasiswa karena ada 1001 cara untuk menuju ke Roma. Tetap daftar aja, di mana pun itu, jadi tetap semangat dan stay healthy semuanya,”tutup Fenny.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mapping Your Career, Creating Your Future bersama AIESEC in USU

redaksi

Dua Dari Enam Kandidat Calon Rektor USU Mengundurkan Diri Sebelum Audisi

redaksi

Fakultas Psikologi USU Jadi Tuan Rumah RAKERWIL dan Upgrading ILMPI Wilayah VII

redaksi