SUARA USU
Opini

Alat Tulis di Era Digital, Masihkah Mahasiswa Membutuhkannya?

Oleh : Nadira Arfan

Suara USU, Medan. Tujuan utama mahasiswa pergi ke kampus tentu saja untuk belajar dan menuntut ilmu. Namun, ada beberapa mahasiswa yang datang ke kampus tanpa membawa alat tulis. Mungkin, jika tujuan ke kampus hanya untuk keperluan lain dan bukan untuk menghadiri kelas, alat tulis memang bukan barang yang wajib dibawa. Tapi, bagaimana jika mereka belajar di kelas tanpa membawa alat tulis?

Di bangku sekolah, alat tulis adalah hal yang wajib dimiliki dan dibawa. Lalu bagaimana dengan di perguruan tinggi yang memberikan lebih banyak kebebasan dibandingkan sekolah? Apakah alat tulis masih wajib dimiliki dan dibawa?

Saat mendengarkan materi yang disampaikan oleh dosen atau presentasi oleh teman sekelas, tentu kita tidak bisa mengingat seluruh detail yang disampaikan. Oleh karena itu, diperlukan catatan untuk mencatat poin-poin penting agar dapat dibaca dan diingat kembali. Menulis catatan juga membantu otak lebih mudah memahami informasi yang didengar. Berdasarkan hal tersebut, jelas mahasiswa masih memerlukan catatan.

Di era sekarang, teknologi telah hadir untuk mempermudah dan meningkatkan efektivitas kegiatan sehari-hari. Salah satu teknologi yang sangat dekat dengan anak muda, termasuk mahasiswa, adalah handphone. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang memanfaatkan handphone untuk menyimpan catatan materi perkuliahan.

Namun, di balik kemudahan mencatat menggunakan handphone, tentu ada sisi negatifnya. Salah satunya adalah beberapa dosen kurang menyukai mahasiswanya mengoperasikan handphone saat pelajaran berlangsung. Juga tidak dapat dipungkiri, handphone bisa mengganggu konsentrasi yang seharusnya difokuskan untuk memahami materi perkuliahan.

Pulpen merupakan salah satu alat tulis paling penting untuk dibawa. Tidak hanya untuk menulis catatan, pulpen juga sangat berguna dalam berbagai kesempatan. Walaupun sudah ada website untuk presensi, beberapa mata kuliah masih menggunakan presensi di atas kertas yang tentu memerlukan pulpen. Dalam beberapa kesempatan, mahasiswa juga membutuhkan kertas untuk mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan saat itu juga. Pulpen jelas dibutuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Berdasarkan pemaparan di atas, alat tulis adalah benda yang penting dimiliki oleh mahasiswa. Walaupun di era sekarang sudah banyak teknologi yang bisa membantu kegiatan belajar di kelas, alat tulis seperti buku dan pulpen tetap harus dimiliki.

Mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi tentu memiliki kebutuhan dan pengalaman yang berbeda. Namun, tidak ada salahnya mempersiapkan alat tulis sebagai persiapan agar selalu siap saat dibutuhkan. Dengan membawa alat tulis sendiri, kita tidak perlu bergantung pada orang lain saat membutuhkannya.

Redaktur : Grace Pandora Sitorus


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Berselisih dengan Teman, Bicarakan Baik-Baik atau Langsung Cut Off?

redaksi

Berilmu Tinggi Namun Tak Beretika

redaksi

Membangun Kesatuan dan Persatuan: Bagaimana Peran Mahasiswa dalam Memengaruhi Keharmonisan di Indonesia?

redaksi