SUARA USU
Life Style

Anak Kos Wajib Tahu Bahaya Pola Makan Tidak Teratur!

Oleh: Ismantrio Rejeki Padang/Dr. Dra. Gustianingsih, M. Hum

Suara USU, MEDAN. Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan energi untuk bekerja yang sudah menjadi rutinitas. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan yang cukup agar energi dalam tubuh tetap terjaga. Akan tetapi, seringkali sebagian orang mengabaikan pola makan sehari-hari yang mungkin karena berbagai faktor seperti keasyikan bermain ponsel, terlalu sibuk bekerja, malas makan, dan lain-lain. Hal ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan baik dalam jangka waktu dekat atau panjang.

Pola makan tidak teratur terutama jarang sarapan paling identik dengan kebiasaan anak kos. Ini adalah kebiasaan yang harus dihindari. Banyak sekali dampak buruk dari pola makan tidak teratur, seperti kurangnya gula darah yang terproduksi dalam tubuh, kekurangan vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan jika kita tidak sarapan, akan mengakibatkan otak sulit untuk fokus, yang pastinya merugikan karena susah konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Makan yang tidak teratur juga berpotensi menyebabkan gangguan tidur dan depresi, risiko penyakit jantung dan stroke, masalah berat badan, meningkatnya tekanan darah, mengganggu keseimbangan hormon, dan lain-lain. Jelas sekali bahwa makan tidak teratur sangat berdampak negatif bagi tubuh.

Jika sudah menyadari bahwa pola makan tidak teratur sangatlah berbahaya, sebaiknya mulailah memperbaiki pola makan. Jangan sampai kesibukan menyebabkan pola makan menjadi tidak teratur. Makanlah makanan yang sehat, bergizi seimbang dan bermacam jenis sesuai kebutuhan tubuh dalam jumlah cukup. Jika terburu-buru untuk melakukan aktivitas lain, pilihlah makanan kaya nutrisi namun mudah penyiapannya seperti olahan gandum atau biji-bijian yang direbus dengan susu dan buah segar, makanan seperti nasi goreng lengkap dengan telur dan sayuran, dan lain-lain.

Baiknya sarapan antara pukul 07.00 sampai 08.00 karena tubuh membutuhkan makanan agar kita mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas. Makan siang antara pukul 12.30 sampai pukul 13.00. Sementara makan malam antara pukul 18.00 sampai pukul 18.30.

Menjaga pola makan yang teratur dan sehat sangatlah penting demi kesehatan. Apabila makanan yang kita konsumsi tercukupi, maka energi dalam tubuh akan tetap terjaga sepanjang hari dalam melakukan aktivitas. Selain itu, juga lebih terhindar dari berbagai penyakit, berat badan tetap ideal, dan tentunya lebih produktif dikarenakan otak lebih fokus dalam berpikir. Maka dari itu, haruslah mengonsumsi makanan dengan teratur.

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Anxiety Attack vs Panic Attack

redaksi

Hustle Culture, Saat Kerja Keras Tak Lagi Sehat

redaksi

Hal Yang Harus Kamu Lakuin Kalau Lagi Ngerasain Feeling Lonely

redaksi