SUARA USU
Kabar Kampus

Analisis Digitalisasi Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kabanjahe

Oleh: Marwah, Ayu Febriyana Tanjung, Harada Rahmi, Shinta Rizki Alfina, Dhiwa Nabilla Febriyana

Suara USU, MEDAN. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis dengan bimbingan dosen FISIP USU Bapak Posma Lumbanraja,M.SI sebagai Dosen Pembimbing Magang.

Seperti yang kita ketahui saat ini, Bank merupakan badan usaha yang kegiatannya adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Saat ini, praktik perbankan di Indonesia telah menyebar keseluruh pelosok tanah air. Lembaga keuangan yang berbentuk bank di indonesai adalah bank umum, bank umum syariah, bank pengkreditan rakyat dan bank pembinaan rakyat syariah. Oleh karena itu, layanan perbankan menjadi sangat penting karena memiliki kontak langsung dengan masyarakat untuk mendorong pembangunan perekonomian nasional.

Hal yang harus di analisis adalah apa dampak digitalisai terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kabanjahe.

Berdasarkan pengamatan yang diperoleh pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kabanjahe mengenai Analisis Digitalisasi Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kabanjahe, maka di tarik kesimpulan bahwa penerapan digitalisasi pada Bank Syariah Indonesia (BSI) terbukti dapat meningkatkan pelayanan terhadap nasabah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Walaupun nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) DI KC Kabanjahe belum seluruhnya menggunakan fasilitas tersebu, namun untuk sebagian yang sudah menggunakannya merasa terbantu dan cukup merasa puas.

Kesiapan dari produk Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam menghadapi era digital banking adalah kecanggihan teknologi mendukung perkembangan suatu produk pada Bank Syariah Indonesia (BSI). Dengan adanya perkembangan teknologi maka pihak perbankan sudah memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menggunakan aplikasi-aplikasi online yang mudah di akses oleh masyarakat. Internet banking dan mobile banking yang memberikan pilihan bbnlayanan/fitu seperti,pembukaan rekening pembayaran,transfer,serta pembelian yang didukung juga dengan fasilitas ATM. Internet banking maupun mobile banking sebagai sarana yang efisien diman atransaksi perbankan lebih fleksibel, lebih mudah dengan menggunkan smartphone.

Melakukan sosialisasi dengan masyarakat dengan sistem Pick Up Sevice mengambil tabungan para nasabah dengan datang langsung ke rumah/tempat usaha nasabah yang ingin menabung tanpa harus datang ke kantor, dan mengantarkan uang pinjaman/tarikan para nasabah langsung lokasi. Dan melakukan sosialisasi dengan masyarakat agar nasabah atau calon nasabah lebih mudah mengetahui atau memahami produk-produk dan yang berhubungan dengan Bank Syariah Indonesia.

Pemanfaatan internet banking dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa terpisahkan lagi dari kehidupan kita. Internet banking mempermudah kita dalam bertransaksi. Memberikan layanan seperti pembayaran listrik, kartu kredit, pengisian pulsa, pembayaran air dll. Jadi sistem keamanan internet banking sangat diperukan agar transaksi nasabah memiliki perangkat keanan agar tidak timbul yang tidak diinginkan. Dalam penelitian ini juga sebagian dari nasabah melakukan pembukaan rekening melalui online karena lebih memudahkan para nasabah membuka rekening dimana pun dan kapanpun.

Tim peneliti

  1. Marwah 180907013
  2. Ayu Febriyana Tanjung 180907017
  3. Harada Rahmi             180907025
  4. Shinta Rizki Alfina 180907029
  5. Dhiwa Nabilla Febriyana 180907037

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Berkolaborasi dengan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USK, Prodi Sastra Indonesia USU Sukses Gelar Kuliah Daring Bersama

redaksi

Dekan Sampaikan Track Record 1 Tahun FKM USU dalam Acara Puncak Dies Natalis

redaksi

KKNTD-12 Goes To School di Kelurahan Dataran Tinggi, Binjai Timur

redaksi