SUARA USU
Kabar Kampus

Angkat Sejarah Kemerdekaan, Tembung Kreatif Adakan Diskusi Kebangsaan

Reporter: Salsabila Rania Balqis

Medan, Suara USU. Minggu 22/08/2021 lalu Tembung Kreatif tengah mengadakan kegiatan diskusi dan jelajah sejarah kebangsaaan, dengan tema napak tilas perjuangan kemerdekaan di wilayah Percut Sei Tuan. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Diskusi kebangsaan ini diadakan untuk mengangkat sejarah kemerdekaan yang pernah terjadi di Tembung dan sekitarnya. Kegiatan ini juga bertujuan agar anak-anak muda yang ada di Tembung dapat memaknai sejarah kemerdekaan yang pernah terukir di wilayah Tembung. “Mengangkat sejarah perjuangan kemerdekaan di Tembung dan sekitarnya ke anak-anak muda di Tembung agar mereka mengetahui dan memaknai serta dapat merawat kemerdekaan tersebut,” ujar Difa.

Acara Diskusi Kebangsaan ini dihadiri oleh Ahmad Basyuni Lubis selaku pembicara serta pencatat sejarah dan cucu pahlawan kemerdekaan, penggiat budaya dari Kemendikbud, anggota DPRD Deli Serdang Darwis, M.Pd.I, serta anggota Tembung Kreatif dan komunitas Historical Sumut.

Acara ini dipandu oleh Abd. Halim sebagai moderator dan M. Rafif Difa sebagai pematik. Ahmad Basyuni Lubis menyampaikan beberapa hal tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, ia juga mengeapresiasi kegiatan Diskusi Kebangsaan yang diadakan Tembung Kreatif karena ternyata masih banyak anak muda yang peduli dan mau mengangkat cerita sejarah.

Difa selaku pemantik dan founder Tembung Kreatif juga menyampaikan bahwa anak-anak muda dapat menjaga dan memahami kemerdekaan, serta difa juga mengajak untuk terus membaca sejarah karena bukan murah harga kemerdekaan ini, diperjuangkan dengan darah dan nyawa.

Kegiatan ini dilaksanakan di Tugu Perjuangan 45 Tembung, yang sekarang berada di SDN 101767 Tembung. Lalu berpindah ke Mesjid Al-Hasaniyah di Bandar Khalipah. Mereka juga berziarah ke makam dua pahlawan yaitu, Mansurdin Nasution dan Lukman Lubis, yang bertempat di belakang Mesjid Al-Hasaniyah.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Prodi Sastra Batak USU Borong Juara di Festival Museum Sumatera Utara 2021

redaksi

Inspiratif, PEMA FISIP USU Adakan Kegiatan Bersih-Bersih Musholla!

redaksi

PDH VS Almamater, Mana Lebih Penting?

redaksi