SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Angkat Tema “Perkaya Berita dengan Data Berkualitas: Adaptif, Unggul, dan Terpercaya”, Presma Pijar Sukses Laksanakan PJTD 2024

Reporter: Khaira Nazira

Suara USU, Medan. Pers Mahasiswa Pijar Ilmu Komunikasi FISIP USU sukses laksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diselenggarakan di Aula Baru FISIP USU mulai dari tanggal 31 Januari sampai 1 Febuari 2024. PJTD kali ini mengusung tema “Perkaya Berita dengan Data Berkualitas: Adaptif, Unggul, dan Terpercaya” dengan menghadirkan dua pemateri yang ahli dibidangnya yakni Arifin Al Alamudi merupakan News Editor IDN Times dan Jefri Susetio Jurnalis Harian Tribun Medan.

Dalam kesempatannya PJTD Pijar 2024 turut dihadiri oleh Dra. Mazdalifah M.Si., Ph.D selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP USU, Yovita Sabarina Sabarani Sitepu S.Sos., M.Si selaku Sekretaris Prodi, Munzaimah M., S.Sos., M.I.Kom  selaku Kepala Laboratorium Prodi, dan beberapa dosen dari Prodi Ilmu Komunikasi.  Kegiatan PJTD ini juga turut diikuti oleh peserta dari berbagai Lembaga Pers Mahasiswa di Kota Medan dan mahasiswa USU sendiri.

Pelaksanaan PJTD pada hari pertama ialah pemaparan materi berupa “Anti Hoaks di Dunia Digital dan Jurnalis Data” yang dibawakan oleh Jefri Susetio, disusul dengan pemberian materi kedua “Persentase Peran Data dalam Berita” oleh Arifin Al Alamudi. Kemudian, hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan media ke TVRI Sumatera Utara untuk praktik liputan lapangan setelah mendapatkan pemaparan materi yang disampaikan pada hari sebelumnya.

(Dokumentasi Kunjungan Media PJTD Pijar ke TVRI Sumatera Utara 2024)

Farah Assyifa selaku Ketua Panitia PJTD Pijar USU 2024 menyatakan bahwa PJTD sendiri merupakan salah satu program kerja dari divisi litbang yang kerap dilakukan rutin tiap tahunnya dan menjadi agenda tahunan. Persiapan yang dilakukan pihaknya kurang lebih dalam waktu tiga bulan hingga akhirnya dapat menyelenggarakan kegiatan dengan maksimal.

“Harapan saya semoga ilmu-ilmu yang didapatkan di PJTD Pijar 2024 ini bisa bermanfaat dan meninggalkan kesan untuk peserta-pesertanya” ungkap Farah.

Di sisi lain, Yulia Kezia selaku Pimpinan Umum Pers Mahasiswa Pijar FISIP USU lewat pengangkatan tema PJTD tahun ini mengajak teman-teman peserta agar lebih paham tentang bagaimana jurnalistik berita, menyikapi informasi yang beredar, dan mampu meningkatkan kemampuan menulis berita khususnya dalam jurnalisme data.

“Untuk PJTD Pijar tahun ini, kita mau mengkhususkan bahwasanya ada nih jurnalisme data, jadi temen-temen boleh mengulik lebih dalam lagi jurnalisme data ini seperti yang dijelaskan oleh pemateri kita, bagaimana penggunaan datanya seperti angka-angka dan grafik bisa membuat suatu pemberitaan menjadi lebih efisien untuk diketahui masyarakat, mungkin itu sih pemberbaharuannya” jelas Yulia.

Nathasyah Putri salah satu peserta PJTD Pijar asal Pers Mahasiswa Dinamika UIN SU juga memberikan tanggapan positif dan mengapresiasi PJTD yang diselenggarakan oleh pihak Pijar tahun ini.

“Perasaan aku setelah mengikuti PJTD Pijar USU luar biasa keren dan menarik ya karena kita belajar terkait jurnalistik data dan kunjungan media langsung ke media komunikasi, disana kita belajar liputan langsung di lapangan dan studytour di TVRI.  Dilihat dari narasumber dengan pengalaman luar biasa menjadi daya tarik aku ikut PJTD, dari materi yang dibawakan juga aku mulai ngerti berita tanpa data itu sampah, jadi aku sebagai pers mahasiswa mulai analisis kembali informasi yang dijadikan data untuk mengakuratkan berita yang kita buat.” ucap Tasya.

Redaktur: Feby Simarmata

Related posts

KPU USU: Kemenangan Aldo-Yoga Sesuai Prosedur

redaksi

Kejar Mimpi Medan Adakan Kegiatan Berbagi dan Bermakna di Bulan Ramadhan

redaksi

Ajak Sekolah untuk Hijaukan Lingkungan, Rimbapala Kehutanan USU Adakan Penyuluhan Lingkungan Hidup

redaksi